Deretan Bahan DIY yang Ternyata Berbahaya Untuk Kulit Berjerawat

0
55
dit menghilangkan jerawat - bahan berbahaya untuk kulit berjerawat
Beautiful Tea Ceremony Glass Teapot Honey Mint Lemon Cups on Dark Table Background Closeup Horizontal

Jerawat menjadi masalah kulit yang kerap dialami oleh semua orang. Bagaimanapun, timbulnya jerawat di wajah memang dapat mengurangi kepercayaan diri. Apalagi jika jerawat muncul dalam jumlah yang cukup banyak dan berukuran besar. Akhirnya berbagai cara rela dilakukan, mulai dari menggunakan skin care, perawatan di salon, sampai membuat ramuan DIY sendiri.

Banyak orang bilang kalau bahan alami dijamin aman untuk kulit. Padahal itu belum tentu benar, lho. Agar Anda tidak salah langkah, sebaiknya kenali bahan-bahan yang tidak boleh dijadikan ramuan penghilang jerawat.

Bawang Putih

Meski ada banyak sumber yang mengatakan tentang keampuhan bawang putih dalam mengatasi jerawat, namun hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Tiap orang tentu memiliki reaksi kulit yang berbeda-beda, apalagi jika Anda mempunyai tipe kulit sensitif.

Ada beberapa orang yang berhasil mengempeskan jerawat dengan menempelkan atau mengoleskan bawang putih pada titik jerawat. Tapi ternyata tidak sedikit juga yang terkena iritasi setelah melakukannya. Bahkan pernah ditemukan kasus pada beberapa orang yang merasakan panas seperti terbakar pada kulitnya dan meninggalkan bekas kehitaman setelah mengoleskan bawang putih.

Buah yang mengandung Citric Acid

Kandungan Citric Acid dari perasan buah segar memiliki pH yang cukup tinggi, yakni berkisar 2 – 3. Oleh karena itu, jika diaplikasikan langsung ke wajah bisa menimbulkan iritasi. Tidak hanya itu, kulitmu jadi lebih rentan dengan sinar matahari, flek bekas jerawat makin menghitam, bahkan kamu memiliki resiko lebih besar untuk mengalami penuaan dini. Efeknya menyeramkan bukan?

Jadi, lebih baik kamu menghindari penggunaan buah-buahan mengandung Citric Acid, seperti lemon, tomat atau nanas secara langsung ke kulit.

Gula Pasir

Gula pasir memang sering direkomendasikan sebagai bahan eksfoliasi. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitive, bahan ini sangat tidak disarankan. Tekstur gula pasir yang kasar bisa membuat kulit sensitifmu teriritasi dan terluka.

Pasta Gigi

Entah siapa yang pertama kali mencetuskan ide gila ini. Tapi memang benar, di dalam pasta gigi terkandung mineral Zinc yang mampu mengeringkan jerawat. Meski begitu, penggunaan pasta gigi untuk kulit wajah tidak dianjurkan karena dianggap terlalu keras terutama untuk kulit yang sedang berjerawat.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY