Garam dan Manfaatnya untuk Kecantikan

0
218
Garam
Foto: Dok. MAhligai

Indonesia merupakan negara maritim dengan 2/3 dari wilayahnya merupakan lautan. Berdasarkan hal tersebut dapat Anda bayangkan betapa besarnya kemampuan Indonesia untuk memproduksi garam.

Meskipun kemampuan Indonesia untuk memproduksinya besar, garam  masih termasuk dalam komoditi industri yang tergolong murah karena mudah didapat. Nah, justru karena kedekatan dan kemampuan Indonesia memproduksi  cukup besar inilah, kita ‘berhak dan wajib’ menggunakan material yang ada di Indonesia seoptimal mungkin. Salah satunya adalah memanfaatkannya untuk kecantikan.

Kandungan mineral pada garam yang memiliki peran langsung bagi kecantikan kulit diantaranya adalah magnesium, kalium, bromida, kalsium, dan zink/ seng.

Keenam komponen tersebut merupakan komponen utama yang terdapat pada garam laut. Sedangkan pada garam mandi, terdapat beberapa komponen tambahan. Biasanya komponen  merupakan mineral garam anorganik. Mineral ini merupakan bahan natural yang berasal dari laut, salah satunya bersumber dari laut mati.

Pada dasarnya garam mandi diciptakan sebagai campuran air mandi dengan tujuan relaksasi dan kecantikan.

Mencoba ‘Ramuan’ Garam di Rumah

Untuk bisa merasakan manfaatnya, Anda dapat berkunjung ke tempat spa  yang menyediakan salt therapy relaxation. Namun, jika tidak memiliki waktu pergi ke spa, Anda bisa melakukannya di rumah. Selain  dapat memanfaatkan persediaan yang ada di dapur,  Anda juga dapat membeli produk kecantikan yang kini telah banyak mengandung mineral tersebut seperti, bath salt, salt soap dan salt essentials therapy.

Masker
Bahan :
1 sendok makan garam biasa
3 sendok makan olive oil

Cara pakai :
1. Campur garam dan olive oil pada wadah bersih
2. Oleskan/ sapukan pada kulit wajah yang kering dan telah dibersihkan
3. Tunggu beberapa saat hingga agak mengering
4. Pijat wajah dengan sangat lembut (seperti melakukan scrubing pada wajah) sampai bersih
5. Bilas sampai bersih

Fungsi masker ini adalah  untuk membersihkan pori – pori dan menghaluskan daerah kulit yang kasar seperti tumit dengkul dan siku tangan.

Relaksasi
Bahan :
1. 1 mangkuk kecil bath salt
2. 1 mangkuk kecil essentials oil
3.
Air hangat secukupnya untuk mandi

Cara Pakai :
Campur bath salt dan essential oil dengan air hangat. Jika kamar mandi Anda terdapat bathtub, berendam sebentar dengan campuran tadi. Tapi jika kamar mandi Anda tidak ada bathtub maka Anda dapat gunakan 2 ember dan bagi dua campuran bathsalt tersebut. Satu ember untuk merendam kaki sampai dengkul, satu ember lagi Anda gunakan untuk membilas tubuh bagian atas.

Mandi dengan campuran bath salt sangat cocok ketika Anda dalam keadaan letih karena bermanfaat untuk meregangkan otot yang tegang. Selain itu kandungan essentials oil -nya juga memberikan aroma segar. Garam mandi yang tersedia di pasaran biasanya sudah diberi pewarna agar konsumen dapat membeli sesuai keperluan. Seperti warna ungu biasanya beraroma lavender, warna hijau biasanya beraroma green tea, warna merah beraroma strawberi dan biru beraroma peppermint.

Baca juga :Manfaat Kelapa untuk Kecantikan

Teks: Tim Mahligai

LEAVE A REPLY