Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut Sesuai Jenisnya

0
164
rambut normal
Ilustrasi - Photo by it's me neosiam from Pexels https://www.pexels.com/photo/beautiful-body-casual-close-up-594365/

Perawatan rambut tentu menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh kaum wanita. Baik itu sekadar perawatan rutin di rumah dengan shampoo atau perawatan khusus di salon kecantikan. Namun sayangnya kebanyakan wanita tidak benar-benar memahami bagaimana cara terbaik untuk merawat bagian tubuh ini.

Pasalnya, tiap jenis rambut memiliki treatment perawatan yang berbeda. Perawatan untuk rambut kering misalnya, tidak cocok jika diterapkan untuk perawatan untuk rambut berminyak.

Tips lengkap berikut semoga akan membantu Anda merawat kesehatan rambut.

1. Tipe Rambut Kering

masalah rambut
Ilustrasi – pixabay

Bagi Anda yang kerap mengalami rambut yang terasa kasar, mudah kusut, dan tampak kusam, bisa jadi itu pertanda ciri khas rambut kering. Sering beraktifitas di luar ruangan dan sering terkena sinar matahari langsung juga berpotensi besar memiliki rambut kering.

Perawatan untuk rambut kering :

  • Terlalu sering keramas dapat mengurangi kelembapan rambut. Untuk agenda keramas, pilihlah sampo yang cocok untuk rambut kering, yaitu memiliki pH 4.5 dan 6.7. Baiknya teliti dulu, jangan sampai menggunakan shampoo yang diformulasikan dengan alkohol.
  • Lebih baik aplikasikan kondisioner pada rambut sebelum keramas untuk memastikan shampoo tidak membasuh semua sebum.
  • Hindari menarik atau menghentak pada saat keramas. Apalagi menggosok dengan kuku secara kasar. Selain mematahkan rambut ini juga mengiritasi kulit kepala.
  • Lindungi rambut Anda dengan topi, payung atau syal bila berhadapan dengan sinar matahari atau cuaca terlalu dingin. Pastikan untuk tidak keluar rumah saat rambut masih basah karena rentan kerusakan.
  • Sebaiknya, jangan mencuci rambut dengan air panas karena dapat membuat rambut menjadi keriting dan merusak rambut maupun kutikula.
  • Pertahankan kelembapan rambut dengan menggunakan air dingin untuk keramas.

2. Tipe Rambut Berminyak 

perawatan kecanikan
ilustrasi perawatan kecantikan – freepik

Rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang terlalu banyak. Sebum ialah minyak yang dikeluarkan dari kulit kepala. Idealnya, sebum berguna untuk melembabkan rambut, namun bila lebih banyak berproduksi akan mengikat kotoran dan merusak folikel rambut.

Perawatan untuk rambut berminyak :

  • Hindari menyikat rambut Anda terlalu sering karena merangsang kelenjar untuk memproduksi sebum lebih banyak.
  • Cuci rambut Anda dengan sampo, setidaknya setiap dua hari, dengan sampo khusus rambut berminyak.

3. Tipe Rambut Kombinasi

rambut alami
Ilustrasi – freepik

Ciri-ciri rambut berjenis kombinasi ialah kulit kepala yang berminyak namun rambut  tetap kering. Combination hair memang jenis rambut yang sedikit unik dibanding jenis lainnya. Untuk itu, butuh perawatan ekstra untuk merawat jenis rambut kombinasi.  Namun jangan khawatir, berikut adalah solusi bagi pemilik jenis rambut ini.

Perawatan untuk rambut kombinasi :

  • Perhatikan cara keramas, tuangkan sampo secukupnya di kulit kepala dan rambut. Kemudian biarkan cairan tersebut mengalir di sana. Jangan pernah menuangkan sampo langsung ke ujung rambut karena akan menghilangkan seluruh minyak yang sebenarnya dibutuhkan di bagian tersebut. Bilas shampoo sampai bersih, hingga terasa tidak licin.
  • Beri pelembab atau serum khusus untuk ujung rambut. Jangan berikan ke seluruh bagian rambut kepala, karena kulit kepala tidak lagi membutuhkannya.
  • Panas adalah musuh kelembaban rambut. Lebih baik mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaan alat pengering rambut atau hair dyrer.
  • Untuk menambah nutrisi rambut, minum lebih banyak air, makan lebih banyak buah dan sayuran, dan kurangi konsumsi minuman beralkohol. Kebiasan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi sebum.
  • Jangan menggaruk kepala terlalu sering karena akan menambah jumlah sebum yang keluar.

4. Tipe Rambut Normal

rambut normal
Ilustrasi – Photo by it’s me neosiam from Pexels https://www.pexels.com/photo/beautiful-body-casual-close-up-594365/

Bagi Anda pemilik rambut normal, selamat! Anda patut bersyukur dengan tipe rambut yang yang tidak kering juga tidak berminyak ini. Namun kadang rambut normal dapat mengalami kerusakan bila terlalu banyak bersentuhan dengan produk kimiawi.

Perawatan untuk rambut normal :

  • Kegiatan menyisir rambut akan membuat sebum semakin berproduksi.
  • Tidur merupakan treatment mempercantik diri yang harus dilakukan. Percaya atau tidak, dengan tidur tubuh akan mudah merespon proses kecantikan dan kesehatan.
  • Luangkan waktu beberapa menit setiap hari memijat kepala. Hal ini akan berguna untuk melancarkan peredaran darah.

TEXT. Bella Donna Team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here