Lima Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Bebas dari Komedo

0
96
Ilustri Lemon - pixabay

Salah satu masalah kecantikan yang seringkali menimpa sebagian orang adalah komedo. Baik untuk kaum wanita maupun pria, komedo ibarat musuh yang bisa membuat siapapun ‘gemas’ dibuatnya. Sebab adanya komedo yang biasa tumbuh di hidung, pipi, atau di sekitar bibir ini tentu saja akan mengganggu penampilan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi bintil di wajah berwarna hitam atau putih ini. Mulai dari facial, membersihkan dengan sabun cuci muka, bahkan dengan cara instan seperti memencet langsung menggunakan jari-jemari. Namun, untuk cara terakhir sebaiknya  jangan ditiru. Sebab, menghilangkan komedo dengan memencet langsung justru akan semakin memperparah kondisi wajah.

Bila Anda sudah mencoba berbagai cara namun komedo tetap datang kembali, maka kamu perlu mencoba dengan cara alami. Memang, perawatan alami terbilang repot karena butuh ketelatenan. Akan tetapi itu semua sepadan dengan hasil yang diwujudkan. Selamat mencoba!

1. Masker Putih Telur

Telur ternyata tidak hanya lezat dan bergizi saat disantap, tetapi juga mengandung segudang manfaat untuk kecantikan. Gunakan putih telur sebagai masker untuk menghilangkan komedo yang membandel. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Irisan Lemon

Kandungan asam alpha-hydroxi yang terdapat pada lemon dipercaya sangat baik untuk menghilangkan komedo pada wajah. Aplikasikan irisan lemon dengan menggosokan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5 hingga 8 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Kamu bisa mencampurkan tetesan madu pada permukaan lemon untuk hasil maksimal. Selain bermanfaat menghilangkan komedo, lemon juga baik untuk menghilangkan noda jerawat.

3. Masker Bengkuang

Buah segar berwarna putih ini memang telah lama dikenal ampuh merawat kecantikan wajah. Terbukti dengan produk-produk kosmetik yang menggunakan ekstrak bengkuang sebagai salah satu bahan campurannya.

Aplikasikan masker bengkuang sendiri bila ingin cara lebih alami. Caranya, parut bengkuang dan ambil saripatinya sebagai masker. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. Gunakan secara rutin untuk memperoleh khasiatnya.

4. Lidah Buaya

Kandungan hormon dan auksin pada lidah buaya dianggap cocok untuk menghilangkan komedo pada wajah. Kamu bisa memanfaatkan tanaman hias unik ini dengan cara mengoleskan gel pada lidah buaya ke wajah yang berkomedo. Seperti biasa, diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dan keringkan.

5. Baking Soda

Bukan hanya sebagai campuran bahan kue atau penghilang jerawat, baking soda juga baik untuk melenyapkan komedo yang mengganggu wajah. Baking soda mampu mengikis kulit mati yang menjadi penyebab munculnya komedo.

Campurkan saja satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air hangat. Oleskan pada wajah sembari memijat-mijat. Diamkan cukup 2 sampai 3 menit saja dan jangan terlalu lama karena bisa membuat wajah menjadi kering. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan perawatan baking soda ini secara rutin dan rasakan sendiri khasiatnya.(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here