Lima Cara Perawatan Kecantikan dengan Aromaterapi

0
27
Ilustrasi Aromaterapi - pixabay

Sebagai calon pengantin, saat-saat menjelang hari pernikahan akan menjadi momen yang mendebarkan. Beragam perasaan mulai dari antusias, bahagia, hingga gugup akan berkecamuk menuju hari bahagia itu tiba. Perasaan seperti ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja karena akan merusak suasana hati yang seharusnya diliputi rasa suka cita.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan calon pengantin untuk merilekskan pikiran jelang hari pernikahan tiba. Salah satunya yang terbukti cukup ampuh efeknya, adalah dengan aromaterapi. Wangi-wangian atau minyak esensial dari tanaman atau bunga tertentu bisa membantu merelaksasi otot dan pikiran, menyegarkan tubuh, serta mengurangi tingkat stres. Inilah yang secara ‘generik’ kerap disebut aromaterapi. Bukan hanya itu, beberapa jenis ekstrak pada aromaterapi nyatanya juga bermanfaat jika diaplikasikan untuk tujuan kecantikan.

Aromaterapi dapat dicampur dengan kosmetik dalam bentuk lotion untuk dioleskan. Minyak esensial juga diaplikasikan dengan carries oil untuk pijat, scrub, atau lulur. Nantinya, setelah diaplikasikan pada kulit, molekul aromatik akan masuk melalui folikel rambut, hingga menembus ke lapisan paling dalam di kulit dan akan beredar ke dalam darah sirkulasi menuju target organ sasaran.

Sensasi lembut yang menenangkan dari aromaterapi tentunya menjadi ritual perawatan rutin ini sangat disarankan bagi calon pengantin sebelum pernikahan. Berikut ini kami hadirkan lima cara perawatan kecantikan dengan aromaterapi

1. Membersihkan Wajah

Wajah akan menjadi pusat perhatian pengantin di hari pernikahan nanti. Meskipun wajah akan tertutup makeup nantinya, namun amat penting untuk membuat wajah tampak segar dan bercahaya saat Anda berdiri di pelaminan. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan ringan. Pilihlah minyak esensial dari lidah buaya untuk kulit kering atau peppermint untuk wajah normal maupun berminyak.

Selain itu Anda juga dapat mencoba buat sendiri ramuan minyak, tambahkan setengah sendok teh minyak esensial jajaba dan alpukat dengan dua tetes masing-masing vitamin E dan A, satu tetes masing-masing minyak aroma jeruk dan minyak cendana. Gunakan ramuan minyak tersebut 3-4 tetes sehari pada wajah yang akan melembutkan wajah dan menenangkan saraf. Praktek ini bisa dimulai satu bulan sebelum pernikahan.

2. Tabir surya

Gunakan lotion atau krim tabur surya lembut yang mengandung SPF 15-20 dengan kandungan aromaterapi dari melati, ylang -ylang dan mawar yang memberi sensasi segar namun membuat rileks.

3. Scrub

Jangan gunakan scrub keras seperti buah kenari, apalagi bagi kulit sensitif yang bisa memicu alergi. Pilih scrub dengan butiran lembut yang mengandung minyak jajaba, minyak gandum, dan kandungan vitamin A yang cocok untuk kulit.

4. Rileks Tangan dan Kaki

Rendam kaki Anda dalam air hangat dengan campuran butiran garam, air jeruk nipis, dan sampo. Gosok dan pijak dengan halus kaki, kemudian keringkan. Oleskan krim malam sebelum tidur. Lakukan setiap hari. Efek rileks di otot kaki pun akan Anda nikmati.

5. Perawatan Rambut

Gunakan dua tetes minyak esensial lemon dan lavender ke kulit kepala saat keramas, pijat kulit kepala untuk merangsang dan memberikan relaksasi pada otot kulit kepala. Terapi ini juga sangat berguna untuk perawatan rambut Anda.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY