Manfaat Kelapa untuk Kecantikan

0
580
Foto: Dok. Mahligai

Tanaman serba guna. Paling tidak demikian julukan yang kerap ditujukkan pada tanaman kelapa. Setiap jengkal bagiannya dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Batang kelapa misalnya, dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan rumah. Sedangkan daunnya bisa digunakan sebagai janur, anyaman ataupun fungsi dekoratif lainnya.

Buah kelapa sendiri tak kalah bermanfaat. Mulai dari bagian luar (sabutnya) hingga dalam (daging buah). Nah, bagian daging buah maupun airnya ini sendiri memiliki manfaat bagi  kecantikan dari kulit hingga rambut.

Itulah mengapa kita sering menemukan kandungan kelapa di beberapa produk kecantikan. Baik untuk rambut maupun kulit.

Bagian-bagian kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan antara lain air, minyak serta daging buahnya.

Minyak Kelapa untuk rambut dan kulit
Kepala yang kemudian diolah hingga menghasilkan minyak (disebut minyak kelapa) dapat digunakan untuk merawat rambut. Misalnya sebagai perawatan untuk rambut bercabang. Minyak kelapa itu sendiri diperoleh dari satu buah kelapa. Caranya:

  • Ambil 1 buah kelapa ukuran sedang, kupas, parut dan ambil santannya
  • Panaskan santan di atas api kecil.
  • Aduk hingga minyaknya keluar

Setelah dingin, minyak tersebut kemudian dioleskan ke rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut yang bercabang. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

Minyak kelapa memang nutrisi alami yang baik bagi rambut. Selain membantu pertumbuhan yang sehat, juga mampu menghamenghasilkan rambut yang berkilau.  Dan, pemijatan kepala yang diaplikasiakan minyak kelapa bisa membantu membebaskan ketombe, kutu bahkan telur kutu sekalipun.

Selain rambut, minyak kelapa juga bagus untuk kulit terutama sebagai minyak pijat untuk kulit kering ataupun permasalah kulit lainnya, seperti jerawat.

Sebagai ‘obat’ jerawat, air kelapa dapat diaplikasikan sebagai berikut:

  • 25 gr pasta kunyit dicampur segelas air kelapa dan biarkan semalaman
  • Tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah
  • Aduk-aduk bahan tersebut, kemudian simpan selama 3 hari
  • Setelah itu, saring dengan tiga lapis kain kasa, simpan dalam botol
  • Gunakanlah dengan cara dioleskan pada wajah dua kali sehari hingga jerawat hilang

Teks. Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY