Perawatan Kecantikan Kaki

0
57
Perawatan kaki
Foto: Sxc.Hu

Perawatan kaki terkadang sering dianggap remeh. Padahal meskipun letaknya tidak seperti wajah, yang langsung dapat dilihat, kaki yang tidak dirawat akan merusak penampilan juga. Bila tidak memiliki bentuk kaki semampai, bukan berarti Anda boleh melewatkannya dari perawatan. Maka, sedari dini rawatlah kaki hingga ke kuku supaya tampil lebih memesona, indah dan sehat.

Tumit kering merupakan salah satu contoh masalah yang sering muncul pada kaki. Sebenarnya tidak cuma tumit, dibanding dengan bagian tubuh lain,  area kulit kaki memang tidak memiliki, sehingga cenderung mengalami kekeringan. Itu disebabkan oleh tidak terdapatnya kelenjar minyak di sana, dan sebagai penyeimbangnya area kaki memiliki kelenjar keringat lebih banyak.

Beberapa hal yang membuat kulit menjadi kering:
1. Terlalu sering mandi air hangat
2. Terpapar sinar matahari terlalu lama
3. Mandi menggunakan sabun yang tidak mengandung pelembap
4. Cuaca dingin
5. Usia. Semakin bertambah usia seeorang, kulit akan semakin kering.

Saat kulit kaki mengalami lebih dari sekadar kering, seperti pecah-pecah sebaiknya Anda oleskan minyak zaitun atau pelembap kaki setiap selesai mandi. Perhatikan kandungan dalam krim pelembap , hindari produk yang mengandung alkohol, karena justru dapat membuat kulit semakin kering.

Perawatan kaki bisa Anda mulai dari yang sederhana, yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya:

Mengangkat kaki setiap pulang dari bepergian. Tidurlah terlentang tanpa bantal lalu angkat kaki dengan disangga guling. Ritual ini bisa menghindari varises, khususnya bagi Anda yang selalu mengenakan sepatu hak tinggi. Itu karena mengenakan sepatu hak tinggi dalam waktu lama bisa membuat betis kencang akibat peredaran darah tidak lancar.

Lalu, saat kaki lelah rendamlah dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam mandi selama 15 menit. Garam tersebut mengandung garam mineral, enzim, serta minyak esensial yang membantu meregangkan otot yang tegang, mengurangi nyeri otot, mengurangi gejala inflamasi serta menyembuhkan infeksi. Bila tidak memiliki garam mandi, Anda bisa meraciknya sendiri. Cukup gunakan garam dapur beryodium lalu campur dengan beberapa minyak esensial Anda.

Bila Anda memiliki cukup banyak waktu lengang, manjakanlah kaki melalui perawatan kecantikan setidaknya seminggu sekali.  Awali dengan ritual merendam kaki, lalu sambil direndam gosoklah bagian tumit menggunakan batu apung dan seluruh bagian kaki menggunakan garam mandi. Selain menggunakan garam mandi, Anda juga bisa membuat foot scrub dari stroberi.

Kandungan dari stroberi, mampu memberikan kelembutan dan mengatasi kaki pecah-pecah. Caranya: haluskan 8 buah stroberi lalu campur dengan beberapa tetes gliserin dan oatmeal. Atau, Anda bisa merendam kaki dalam air hangat bercampur air perasan lemon. Kandungan asam dari lemon, memudahkan pengelupasan sel kulit mati. Gosoklah kaki dengan  atau sikat kaki, sambil direndam. Akhiri dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh seluruh bagian kaki hingga paha, lalu bungkus kaki menggunakan kaus kaki sebelum tidur supaya lebih mudah meresap. Minyak zaitun berfungsi sebagai pelembap kulit, yang mampu mengatasi kulit kaki pecah-pecah dan kering. Anda bisa mengganti minyak zaitun dengan petroleum jelly dicampur perasan jeruk lemon.

Tim Mahligai Indonesia

 

 

LEAVE A REPLY