Rahasia Cantik Alami dengan Lima Ramuan Tradisional

0
455
perawatan kecanikan
ilustrasi perawatan kecantikan - freepik

Wajah cantik mungkin relatif, namun merawat wajah adalah sebuah keharusan. Hadirnya metode perawatan kecantikan modern memang terasa lebih menggiurkan karena menjanjikan hasil yang lebih instant. Namun, bukan berati perawatan tradisional dengan bahan alami tak kalah berkhasiatnya. Anda bisa mencoba beberapa ramuan dengan cara mudah menggunakan bahan alami berikut ini.

1. Kunyit

Banyak cara yang bisa Anda lakukan demi memperoleh gigi yang putih dan senyum memesona. Salah satunya adalah menggunakan cara alami dengan bahan kunyit. Selain lebih hemat, memutihkan gigi dengan kunyit akan lebih aman khususnya bagi Anda yang selama ini memiliki gigi sensitif terhadap produk pemutih gigi.

Mirip dengan baking soda, kunyit memiliki tekstur yang sedikit kasar untuk menghilangkan plak dan noda pada gigi. Selain menghilangkan plak, kunyit juga mengandung bahan alami antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

2. Masker Bengkuang

Buah segar berwarna putih ini memang telah lama dikenal ampuh merawat kecantikan wajah. Terbukti dengan produk-produk kosmetik yang menggunakan ekstrak bengkuang sebagai salah satu bahan campurannya. Salah satu khasiat dari masker bengkuang ialah menghilangkan komedo di wajah.

Anda bisa mengaplikasikan masker bengkuang dengan membuatnya sendiri di rumah. Caranya, parut bengkuang dan ambil saripatinya sebagai masker. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. Gunakan secara rutin untuk memperoleh khasiatnya.

3. Bedak Dingin

Bedak dingin mungkin masih asing ditelinga masyarakat perkotaan. Namun tidak demikian dalam keseharian wanita yang tinggal di wilayah pedesaan. Sejak dahulu kala, bedak dingin dikenal memiliki banyak khasiat untuk perawatan kecantikan. Mulai dari menghilangkan jerawat, hingga menghilangkan flek-flek hitam pada kulit wajah. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bedak dingin mengandung amilosa, amilopektik, hydrazalided amylum dan asam kojik yang terbukti dapat memutihkan kulit.

4. Madu

Sifat antibakteri dan antijamur pada madu ternyata bisa dimanfaatkan untuk membasmi tumbuhnya jamur pada kulit kepala seperti ketombe. Sebuah studi yang dilakukan oleh European Journal of Medical Research pada tahun 2001.

Mereka melakukan percobaan dengan mengecerkan madu pada air hangat, lalu mengaplikasikan pada bagian rambut yang berketombe. Hasilnya, ketombe dan gatal-gatal pada rambut pun hilang. Para pasien pun mengaku tidak mengalami ketombe bahkan setelah enam bulan penggunaan.

5. Masker Garam

Kandungan mineral pada garam ternyata memiliki peran langsung bagi kecantikan kulit diantaranya adalah magnesium, kalium, bromida, kalsium, dan zink/ seng. Keenam komponen tersebut merupakan komponen utama yang terdapat pada garam laut.

Anda bisa merasakan khasiat garam dengan mengunjungi spa yang memiliki fasilitas salt therapy relaxation maupun membuat masker garam sendiri di rumah. Fungsi masker ini adalah  untuk membersihkan pori – pori dan menghaluskan daerah kulit yang kasar seperti tumit dengkul dan siku tangan.

Masker
Bahan :
1 sendok makan garam biasa
3 sendok makan olive oil

Cara pakai :
1. Campur garam dan olive oil pada wadah bersih
2. Oleskan/ sapukan pada kulit wajah yang kering dan telah dibersihkan
3. Tunggu beberapa saat hingga agak mengering
4. Pijat wajah dengan sangat lembut (seperti melakukan scrubing pada wajah) sampai bersih
5. Bilas sampai bersih.(*)

 

Teks. Tim Mahhligai Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here