Rahasia Cantik dengan Lidah Buaya

0
74
Foto: Dok. Mahligai

Mungkin Anda pernah mendengar pesan orang tua untuk mengusapkan lidah buaya pada rambut. Tujuannya agar rambut dapat tumbuh subur dan indah. Bukan isapan jempol belaka mengingat manfaat lidah buaya bagi rambut sudah banyak terbukti. Tak heran bila berbagai merek shampo menambahkan ekstrak lidah buaya guna memperoleh manfaatnya secara praktis.

Dan tidak berhenti sampai di situ, gel yang terdapat pada daging lidah buaya dapat digunakan sebagai masker. Sekali lagi, manfaatnya dapat dirasakan untuk kecantikan. Terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Manfaat kecantikan yang diperoleh dari lidah buaya sendiri sudah dikenal sejak lama. Bahkan konon Cleopatra, Ratu Mesir Kuno, juga menggunakan lidah buaya sebagai salah satu resep kecantikannya.

Lantas bagian mana  letak keistimewaan dari lidah buaya? Jawabannya ada pada daging tanaman tersebut. Semakin tua lidah buaya, makin banyak kandungan manfaat yang dimiliki.

Coba Anda belah setangkai lidah buaya. Di dalamnya akan dijumpai daging tanaman yang terasa kenyal dan berlendir.  Bagian inilah yang mengandung glycol protein  yang memiliki manfaat besar.

Untuk menggunakannya sebagai conditioner rambut caranya:

1. Siapkan beberapa batang lidah buaya yang masih segar. Sebaiknya ambil yang baru dicabut.

2. Kemudian kupas kulitnya dan ambil bagian dalamnya saja, yaitu bagian dari lidah buaya yang terlihat seperti gel dan berlendir.

3. Oleskan bagian gel lidah buaya dengan cara menggosoknya ke seluruh bagian kulit kepala secara merata, dan biarkan hingga meresap dan mengering.

Waktu terbaik untuk melakukan treatment ini adalah sore hari dan malam hari menjelang tidur.
Anda dapat pula membungkus rambut dengan handuk setelah menggunakan masker lidah buaya tersebut agar aloe vera meresap secara sempurna.

Selain untuk rambut, lidah buaya bermanfaat juga untuk kecantikan kulit. Kandungan lignin-nya mampu menjaga elastisitas serta kelembapan kulit agar tidak pecah-pecah. Juga untuk mencegah terjadinya alergi kulit pada si pemakai.

Kandungan lainnya adalah antrakuinon dan asam amino. Keduanya bermanfaat bagi kulit, khususnya untuk memperbaharui dan menghasilkan sel-sel baru  dan menghilangkan sel kulit mati.

Daging lidah buaya sendiri juga memiliki tingkat keasaman yang mampu meresap dengan baik ke dalam tubuh dan mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan jamur. Tentu saja penggunaannya harus secara teratur hingga akhirnya mampu membuat kulit sehat serta mencegah penuaan dini karena mengandung juga antioksidan.

Theresia Triomegani

LEAVE A REPLY