Wuih! Ini Khasiat Keren 8 Rempah Untuk Kecantikan

0
47

Siapa yang tak ingin tampil cantik? Tapi cantik alami itu lebih oke, loh… Alami dengan bahan-bahan seperti rempah-rempah. Eh, memangnya bisa untuk kecantikan?

Tapi tunggu dulu, menurut pakar kecantikan, Juliana Yu, MD. H NH CIBTAC, BAbTAC, IPTI, Cidesco Dip.Itl, tidak semua rempah aman untuk diaplikasikan langsung ke kulit.

Jadi, rempah-rempah seperti apa saja yang punya khasiat keren untuk kecantikan, nih?

Cekidot…

 

Cengkeh
Cengkeh punya zat anti-mikroba, jadi pas diaplikasikan ke kulit sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Keren, kan!

Selain itu, cengkeh juga mengandung mineral seperti iron, potassium, phosphorus, dan sodium serta vitamin C dan A.

Biasanya, cengkeh diolah menjadi minyak yang juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit. Tapi, minyak cengkih memberi efek panas, jadi sebaiknya campur dengan minyak zaitun (perbandingannya: minyak cengkih hanya 1%).

Nah, ramuan ini bisa dioleskan langsung ke jerawat.

Ssst, kamu bisa coba minyak esensial Love Oil, Pain Relief, maupun Relaxing Oil dari Martha Tilaar yang mengandung minyak cengkeh. Atau Anti-Aging Serum Clove Flower & Turmeric dari JUARA.

 

Thyme
Selain cengkeh, daun yang populer sebagai rempah dalam masakan Italia ini juga efektif dalam mengatasi jerawat, karena mengandung zat antiseptik.

Campur thyme dengan air mawar, lalu gunakan sebagai masker. Wajah tak hanya bebas jerawat tapi juga menjadi lebih halus.

 

Baca Asyik! Saatnya Jelajahi 6 Menu Sarapan Nusantara Ini

 

Adas
Sangat baik untuk kulit sensitif, karena mampu membersihkan dan menenangkan. Bila kulit kamu iritasi akibat sinar matahari, gunakan ramuan berikut: campur bubuk adas dengan susu segar, lalu rebus selama 30 menit.

Diamkan sebagai masker wajah selama 15 menit. Atau, bila kulit kamu berminyak, gunakan campuran adas sebagai pembersih dan penyegar.

 

Sage
Rempah yang sering digunakan dalam masakan Italia ini kaya vitamin A dan kalsium, sehingga secara otomatis membantu melancarkan peredaran darah.

Bila peredaran darah lancar maka kerutan, racun hingga selulit dapat berkurang. Selain itu, sage terpercaya punya kemampuan untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kelebihan kadar minyak pada kulit.

Ya, Sage efektif mengatasi jerawat!

Coba rebus sage hingga mendidih, lalu saring. Gunakan sebagai air bilasan terakhir saat mencuci wajah. Ritual ini dapat digunakan untuk menyamarkan pori-pori pada wajah.

 

Merica Hitam
Merica hitam bisa melancarkan peredaran darah. Sehingga minyak esensialnya sangat baik digunakan sebagai minyak pijat, tapi tidak bisa digunakan pada kulit sensitif. Selain itu, juga cocok digunakan sebagai bahan utama pada face scrub.

Coba racik campuran merica hitam dengan yogurt, dan aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

Kamu bisa juga mencampur merica hitam dengan garam, minyak zaitun dan yogurt. Lalu gunakan sebagai body scrub yang akan mengangkat sel kulit mati dan menyegarkan kulit.

 

Kemiri
Selama ini lebih dikenal bermanfaat untuk rambut. Mampu melembutkan, dan mengembalikan rambut ke warna aslinya, sehingga terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Tapi, kemiri yang kaya akan asam lemak tak jenuh (omega 3 dan 6), linoleic dan linolenic ini juga bermanfaat untuk kulit.

Mampu melembapkan, melembutkan, mengenyalkan kulit dan menangkal radikal bebas. Coba Candlenut Body Creme dari JUARA.

 

Baca Kerja di Rumah? Saatnya Lakukan 5 Jurus Rawat Kulit Murni Tradisional Ini

 

Kunyit
Inilah rempah yang selalu dipilih putri Keraton, baik digunakan untuk kulit wajah, tubuh hingga dikonsumsi sebagai jamu!

Kandungan utamanya, kurkumin dipercaya sangat baik untuk kulit, tapi selain itu kunyit juga mengandung vitamin C.

Untuk kulit wajah, kunyit dapat mengurangi noda hitam, jerawat, dan stres yang dialami sel kulit. Sehingga mampu menunda munculnya penuaan dini, dan wajah terlihat lebih cerah.

Coba deh ramuan masker yang mampu mencerahkan wajah ini: ¼ sdt kunyit bubuk, ¼ cangkir yogurt, 2 sdm tepung yang bebas gluten, beberapa tetes madu, dan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah, dan diamkan selama 20 menit.

Coba pula Body Mask dari Dewi Sri Spa, Martha Tilaar. Atau Turmeric Antioxidant Radiance Mask dari JUARA.

 

Jahe
Bila ingin kulit wajah tampak lebih cerah, warnanya lebih merata, bebas jerawat dan noda hitam, jahe adalah solusinya.

Bahkan kamu bisa menggosok potongan jahe langsung ke wajah, dan diamkan selama 20 menit. Cobalah Sweet Black Tea & Ginger Mattefying Moisturizer dari JUARA.

 

 

 

Tim Mahligai Indonesia
Foto: SXC.HU

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here