6 Perawatan Spa dan Sauna Tradisional Khas Nusantara

0
649
boreh - spa tradisional - 6 Perawatan Spa dan Sauna Tradisional Khas Nusantara
Freepik

Para wanita tentu banyak yang sudah familiar dengan perawatan tubuh seperti spa dan sauna. Namun tahu kah Anda, kalau Indonesia ternyata memiliki berbagai macam spa tradisional dengan khasiat yang tidak kalah dengan spa yang berasal dari budaya luar negeri. Berikut dijabarkan berbagai perawatan spa dan sauna tradisonal khas Nusantara yang belum banyak orang tahu:

Oukup

Merupakan istilah mandi uap (sauna) tradisional khas Suku Karo Sumatera Utara yang menggunakan ramuan dari berbagai jenis rempah. Dulu oukup biasa dibuat di rumah, khusus untuk ibu muda yang baru melahirkan.

Mandi uap dengan oukup selama 15 – 30 menit untuk mengeluarka keringat, melancarkan peredaran darah, menghilangkan bau badan, serta mengurangi lemak berlebih. Selain itu, oukup juga dipercaya bisa menjadi obat untuk penyakit gula darah, asam urat, rematik, alergi, dan sesak napas.

Lulur

Perawatan lulur sudah terkenal dari zaman kerajaan Jawa, jauh sebelum Indonesia merdeka. Konon sebelum menikah putri keraton melakukan luluran selama 40 hari berturut-turut.

Lulur sendiri terbuat dari bahan campuran tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan yang kemudian dioleskan ke permukaan tubuh lalu dibiarkan selama beberapa menit agar pori-pori kulit terbuka dan sel kulit mati serta kotoran terangkat. Setelah luluran, kulit pun akan terasa lebih segar dan tampak cerah.

Boreh

Anda yang berasal dari Bali pasti sudah tidak asing dengan jenis spa satu ini. Ya, boreh merupakan semacam ramuan kecantikan warisan leluhur orang Bali dari zaman dulu. Cara kerjanya dengan dioleskan ke permukaan tubuh (meboreh) dan diamkan hingga mengering. Setelah sudah kering, tubuh kemudian diurut sembari membersihkan sisa boreh. Boreh bisa dibuat dari  rempah-rempah seperti jahe, kencur, temulawak, mesoyi, cengkeh, pala, merica hitam, kapulaga, kayu manis, beras merah, beras putih, kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Baca Artikel Ini: Merawat Tubuh dengan Pijat Bali dan Ramuan Boreh

So’oso

Madura pernah menjadi pusat terapi kesehatan dan kebugaran. Salah satu perawatan kecantikan yang masih dikenal masyarakat saat ini adalah So’oso, yakni perawatan berupa pijatan yang menggunakan ramuan alami. Uniknya, setelah melakukan so’oso, Anda akan diberikan jamu ramuan Madura yang dipercaya dapat mengencangkan organ intim wanita.

Batimung

Spa yang satu ini terinspirasi dari kisah legenda Putri Junjung Buih dan Lambung Mangkurat. Mirip dengan oukup, spa batimung dilakukan dengan cara mengalirkan uap panas batimung (terbuat dari minyak astiri) yang berfungsi untuk memperbaiki metabolisme tubuh, melancarkan aliran darah dan mengobati insomnia. Setelah berkeringat, tubuh akan dipijat sembari menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Di Kalimantan Selatan, spa batimung telah menjadi ritual wajib bagi para calon pengantin pria maupun perempuan menjelang hari pernikahan.

Tellu Sulapa Eppa

Perawatan khas Suku Bugis Sulawesi ini memiliki filosi mendalam, lho. Sulapa Eppa merupakan empat elemen alam yaitu api, air, angina, dan tanah, yang jika dijaga keharmonisannya akan memberikan manfaat bagi alam semesta. Bahan scrubbing (bedda lotong) dari perawatan ini terbuat dari bahan beras atau ketan putih tumbuk yang dicampur rempah-rempah.

Teks: Elsa Faturahmah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here