Cara Alami Melembutkan dan Mencerahkan Tangan yang Kusam

0
66
Cara Alami Melembutkan dan Mencerahkan Tangan yang Kusam
Ilustrasi - Freepik

Pada dasarnya kulit tangan kasar dan kering bisa disebabkan dari dalam dan luar tubuh. Dari dalam tubuh misalnya karena dipengaruhi oleh genetika orangtua. Sedangkan faktor dari luar bisa dikarenakan sentuhan bahan-bahan kimia, dehidrasi alis kekurangan cairan tubuh, udara dingin maupun benda-benda keras, dan lain sebagainya. Nah, semua itu bisa diatasi dengan perawatan yang telaten. Jangan berharap tangan Anda akan berubah dalam seketika, karena semuanya membutuhkan waktu.

Bila Anda tergolong orang yang menyukai bahan-bahan alami, mungkin beberapa bahan baku berikut bisa Anda gunakan untuk perawatan tangan.

Ampas Kopi

Anda pecinta kopi? Jangan buang dulu ampasnya karena bisa digunakan untuk melembutkan tangan. Gosok-gosok ampas kopi pada telapak tangan, kemudian bilas dengan air bersih. Ampas kopi berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga pelembut alami kulit.

Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa pada tangan sambil sesekali dilakukan pemijatan. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Garam Dapur

Larutkan beberapa sendok garam dapur ke dalam semangkok air hangat. Rendam beberapa saat, kemudian gosok bagian telapak tangan dan sela-sela jari. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin kemudian keringkan dengan handuk. Jangan lupa mengoleskan body lotion setelahnya.

Anda juga bisa mencampurkan satu sendok tek garam dengan satu sendok teh baby oil. Oleskan pada tangan yang kasar sambil dilakukaan pemijatan ringan. Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan menggunakan handuk.

Madu

Madu bisa digunakan sebagai bahan campuran kentang kemudian tumbuk halus. Campurkan susu sebanyak satu sendok teh dan juga madu sebanyak tiga sendok teh. Campurkan ramuan tersebut dan pijat pada tangan.

Gula

Gula bisa digunakan sebagai scrub tangan. Selain mencampurkannya dengan minyak zaitun, bisa juga dicampurkan dengan minyak esensial.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki manfaat beragam bagi kecantikan. Termasuk untuk menghaluskan kulit tangan. Caranya, campurkan satu sendok teh minyak zaitun dengan satu sendok teh gula pasir yang bermanfaat sebagai scrub alami. Gosok tangan Anda dengan ramuan tersebut sambil sesekali dipijat dengan perlahan dan jangan terlalu keras. Kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY