Keren! 5 Ekstrak Bunga Ini Bisa Jadi Rahasia Cantik

0
21

Ah, pastinya kamu suka bunga. Kalau pun tak suka, pasti kamu suka aromanya, kan? Kalau ternyata bunga bisa jadi rahasia cantik mutakhir, ok, kan? Cekidot ini, yuk…

Selain untuk wewangian, di balik keindahan warna dan bentuk bunga banyak punya manfaat lain yang baik untuk kulit wajah, tubuh hingga rambut. Bunga memang jadi formula inti dalam setiap produk kecantikan.

Termasuk bunga-bunga lokal seperti mawar, melati, kenanga, kamboja, dan kembang sepatu yang banyak tumbuh di dataran Asia.

Nah, berikut ini bunga-bunga lokal yang banyak mengandung manfaat bagi kecantikan dan sering digunakan sebagai ramuan dalam produk-produk perawatan kecantikan ternama.

 

KEMBOJA

Mana yang benar? Sebenarnya lafal ‘kemboja’ yang dianggap benar oleh Kamus Baku/Tidak Baku Bahasa Indonesia. Tapi apapun lafalnya, pasti bunga yang dimaksud adalah sama.

Bagian bunganya,banyak dipilih sebagai formula utama dalam berbagai produk kecantikan.

Kenapa?

Foto: Istimewa

Karena kaya akan kandungan emolien dan vitamin E!

Alhasil, bunga ini bisa melembapkan, melembutkan, menjaga elastisitas, menutrisi kulit, melindungi kulit dari bahaya penuaan dini dan efek negatif sinar UV.

Selain itu, kandungan yang terdapat di dalamnya sangat mudah diresap kulit, sehingga cepat terasa khasiatnya. Ekstrak kemboja tak hanya bermanfaat bagi kulit, namun rambut juga.

Keharumannya yang mampu membawa ketenangan, menyegarkan dan menambah semangat, membuat kemboja banyak digunakan sebagai bahan utama minyak esensial, minyak pijat, garam mandi hingga minyak aromaterapi.

 

KENANGA

Bunga yang sudah dikenal sejak lama khususnya di kalangan keluarga keraton ini, awalnya hanya digunakan sebagai campuran ritual berendam sebagai “air bunga setaman.”

Tapi ekstrak bunga kenanga punya banyak manfaat bagi kulit, sehingga sering digunakan sebagai bahan utama lulur dan masker.

Tak cuma melembutkan tapi juga menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, sehingga baik digunakan bagi kulit berminyak maupun kering.

Selain itu, menurut DR. Martha Tilaar bunga ini juga baik untuk rambut. Cukup campur dengan daun pandan, daun mangkokan lalu rebus bersama minyak kelapa.

Campuran ini mampu menghitamkan dan menyuburkan rambut. Tak heran, minyak aromaterapi kenanga banyak digunakan dalam produk spa.

Apalagi kalau bukan karena bisa mengatur kelenjar adrenalin dalam sistem saraf sehingga mampu menghilangkan rasa gelisah, menenangkan dan menimbulkan perasaan senang.

 

MAWAR

Bunga yang disukai hampir seluruh perempuan ini, punya banyak khasiat bagi kecantikan. Mampu mencegah kerutan pada kulit, berkat kandungan polifenol-nya.

Menutrisi kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak, melembutkan, dan melembapkan, lewat kandungan asam lemak Omega 3 dan Omega 6.

Selain itu mawar juga mengandung Geraniol dan Limonene yang sangat baik sebagai zat antiseptik, sehingga mampu mengatasi iritasi misalnya akibat jerawat.

Air mawar punya kandungan terbaik sebagai zat pembersih wajah, karena tidak menutup pori. Maka pembersih dan penyegar dengan formula bahan utama mawar, merupakan yang terbaik untuk segala jenis kulit.

Keharumannya pun mampu memberikan efek relaksasi, menenangkan dan meringankan otot-otot yang tegang.

 

Baca Siap Jadi Cantik dengan Kopi Nusantara? Kenapa Nggak!

 

MELATI

Bunga yang terkenal dengan keharuman lembutnya yang khas ini, memang banyak digunakan sebagai campuran wewangian dan aromaterapi.

Untuk kecantikan kulit, ekstrak melati bisa banget menghaluskan, melembutkan, menangkal radikal bebas akibat sinar matahari, mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

Kemampuannya dalam memperbaiki proses metabolisme dan memperlancar peredaran darah, mampu menghancurkan racun yang berada di dalam lapisan kulit. Jadi kulit gak cuma lebih sehat tapi juga terlihat lebih cerah.

Selain itu, kandungan zat antiseptik dan dermatitis-nya sangat baik bagi kulit sensitif dan mudah iritasi.

 

KEMBANG SEPATU

Masyarakat India mengenal bunga ini karena kemampuannya merawat rambut. Mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok serta mengembalikan kilau rambut kusam.

Tapi, selain itu ekstrak kembang sepatu ini juga punya banyak manfaat bagi kulit, karena mengandung emolien dan Vit C alami yang punya efek mirip dengan botoks namun secara alami.

Berkhasiat mengencangkan kulit, melembutkan serta menyamarkan garis kerutan pada wajah.

Selain dua kandungan tadi, kembang sepatu juga mengandung Alpha Hidroxy Acids (AHAs) yang terbukti dapat mengangkat sel kulit mati, dan mempercepat sel regenerasi sel kulit. Kulitpun terlihat lebih awet muda dan sehat.

 

 

 

Tim Mahligai-Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here