Empat Olahraga Mudah untuk Calon Pengantin yang Super Sibuk

0
64

Bekerja selama delapan jam per hari saja sudah menyita waktu. Belum lagi dengan menyiapkan segala serba-serbi persiapan pernikahan yang seolah menjadi pekerjaan part-time tambahan. Sebagai calon pengantin tenaga Anda pun terasa terkuras habis jelang hari pernikahan.

Namun sesibuk apapun Anda, kesehatan harus tetap jadi prioritas. Jangan sampai tubuh seketika “drop” saat hari H sudah semakin dekat. Oleh karena itu selain mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga juga penting dilakukan demi menjaga kesehatan. Idealnya sediakanlah waktu sekitar 20 sampai 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga singkat dan mudah seperti berikut ini!

1. Peregangan Otot (stretching) Di Tempat Tidur

Siapa bilang olahraga hanya bisa dilakukan di tempat kebugaran? Sebenarnya Anda bisa dengan mudah rutin berolahraga bahkan di tempat tidur sekalipun. Misalnya, dengan melakukan peregangan otot setelah bangun tidur.

Anda bisa melakukan peregangan otot bokong sembari berbaring. Caranya tekuk kedua lutut, silangkan kaki kiri di atas kaki kanan. Dengan menggunakan kedua tangan, tarik kaki kanan mengarah ke dada hingga terasa ada tarikan di bokong kiri. Lakukan hal sama untuk meregakan otot bokong di bagian kanan. Selain membuat otot lebih kuat, cara ini juga akan membuat kamu lebih berenergi memulai hari yang baru.

2.  Berjalan Kaki

Adanya transportasi yang semakin mudah terkadang memang membuat kita menjadi semakin malas berjalan kaki. Padahal, ada segudang manfaat dari aktivitas menyehatkan ini. Bahkan menurut para ahli yang dikutip dari Alternative Health Concept, berjalan selama 25 menit perhari menambah 7 tahun resiko hidup.

Jadi jangan malas untuk berjalan kaki sesering mungkin. Anda bisa rajin berjalan dari satu ruang ke ruang lain di kantor atau sekadar naik-turun tangga. Pastikan punggung tetap lurus dan ayunkan tangan secara rileks ketika berjalan.

3. Lakukan Gerakan Plank

Lakukan gerakan plank dengan menjaga posisi di mana berat tubuh disangga oleh kedua tangan, siku, dan kedua ibu jari kaki selama beberapa waktu. Sebenarnya olahraga plank mirip dengan gerakan push up, hanya saja latihan ini memiliki banyak variasi sehingga tidak membosankan. Selain bisa dilakukan dengan singkat, plank juga berfungsi mengecilkan otot perut jika rutin dilakukan.

4. Lompat Tali

Jangan remehkan olahraga yang satu ini. Lompat tali tergolong olahraga simpel dan tidak mudah dilakukan. Tak hanya itu, lompat tali juga mampu membakar 10 kalori tubuh per menit. Bayangkan saja jika Anda melakukan olahraga ini secara rutin setiap hari, berapa banyak kalori tubuh yang akan terbakar hanya dengan lompat tali saja ya? (*)

 

INTAN WIDIASTUTI

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here