Enam Minuman Berkhasiat Untuk Mengatasi Masalah Jerawat

0
49
Minuman Penghilang Jerawat
Pixabay

Jerawat bisa membuat risih dan tidak percaya diri. Apalagi jika itu terjadi mendekati hari pernikahan Anda. Bisa-bisa tampil cantik sempurna di hari istimewa kandas begitu saja. Nah, selain menggunakan skin care, penyembuhan jerawat bisa dilakukan dari dalam dengan meminum ramuan-ramuan ini.

Kunyit Asam

Jamu yang terbuat dari campuran asam jawa dan parutan kunyit ini mengandung curcumin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan akibat jerawat. Kunyit juga mengandung antiseptic dan antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Selain bersih dari jerawat, meminum kunyit asam secara rutin juga dapat menghilangkan bekas jerawat karena kandungan vitamin C dan betakaroten yang terkandung dari asam jawa.

Beras Kencur

Jamu tradisional ini selain baik untuk tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti mengatasi jerawat, mengencangkan wajah, serta mencerahkan kulit yang kusam.

Teh Hijau

Selain enak, minuman ini juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan kulit, lho. Kandungan ekstrak etanolik di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus, salah satu bakteri penyebab jerawat. Selain itu, teh hijau juga sangat kaya antioksidan sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Spearmint Tea

Jenis teh lainnya yang berfungsi mengatasi masalah kulit berjerawat adalah spearmint tea. Mengandung anti-androgen dan anti-inflamasi, spearmint tea dapat meredakan jerawat khususnya yang disebabkan oleh hormon. Menurut penelitian, meminum teh ini secara rutin dua gelas sehari dapat menghilangkan hingga 25% jerawat dalam sebulan.

Air Putih

Walau terkesan sepele, kekurangan asupan air putih dapat mengganggu kesehatan tubuh dan kulit. Jerawat pun bisa tumbuh karena hal ini.

Anda tentu sudah tahu kalau tubuh kita didominasi oleh air. Jika kekurangan cairan, maka sel-sel dalam tubuh akan mati, termasuk sel kulit yang rentan terhadap polusi dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, Anda harus banyak meminum air putih. Air putih juga berfungsi untuk melembabkan kulit, mempercepat proses penyerapan nutrisi, melancarkan peredaran darah, dan menetralkan racun. Jika dalam tubuh bersih, maka kulit Anda juga akan tampak bersih bersinar.

Jus Timun dan Lemon

Minuman dari pepaduan buah dan sayur ini memiliki rasa yang lezat, lho. Khasiat yang bisa Anda dapatkan juga besar. Timun merupakan sayuran yang sangat kaya akan kandungan air dan memiliki kandungan zat aktif yang dapat mendetoks racun di dalam tubuh dan mengobati jerawat.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY