Khasiat Si Manis Madu Alami untuk Kesehatan

0
88
Ilustrasi madu - pixabay

Madu tidak hanya nikmat saat disantap secara langsung atau digunakan sebagai perasa manis dalam campuran makanan. Dalam dunia kedokteran, carian menyerupai sirup yang berasal dari nektar bunga ini, ternyata terbukti memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari medicaldaily.com satu sendok makan madu mentah mengandung 64 kalori tanpa lemak, kolesterol dan sodium. Selain itu terdapat kandungan madu lain yang bermanfaat untuk mengobati beberapa masalah kesehatan seperti: 

Mencegah Ketombe Rambut
Sifat antibakteri dan antijamur pada madu ternyata bisa dimanfaat untuk membasmi tumbuhnya jamur pada kulit kepala seperti ketombe. Sebuah studi yang dilakukan oleh European Journal of Medical Research pada tahun 2001.

Mereka melakukan percobaan dengan mengecerkan madu pada air hangat, lalu mengaplikasikan pada bagian rambut yang berketombe. Hasilnya, ketombe dan gatal-gatal pada rambut pun hilang. Para pasien pun mengaku tidak mengalami ketombe bahkan setelah enam bulan penggunaan.

Masalah Diabetes
Tidak seperti sumber gula yang lain, pada madu alami, sumber gula yang terkandung sudah berbentuk fruktosa. Sehingga tubuh tidak lagi membutuhkan hormon insulin untuk mengubah kandungan gula menjadi energi. Hal ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes dalam proses menyembuhkan luka. Selain itu, madu juga mampu meningkatkan kontrol kadar gula darah pada tubuh penderita diabeters.

Meningkatkan Memory Ingatan
Si manis madu memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan dan hilangnya sel dalam otak. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Menopause menemukan bahwa, mengonsumsi sesendok madu secara rutin setiap hari dapat meningkatkan memori wanita menopouse. Bahkan setelah empat bulan kebiasan tersebut dilakukan, mereka lebih cenderung memiliki memori jangka pendek lebih baik daripada yang tidak mengonsumsi madu.

Menjadi Sumber Energi
Bagi Anda yang memiliki aktivitas segudang sehingga membutuhkan banyak stamina penambah energi, madu juga merupakan sumber energi alami. Di dalam madu terkandungan kabohidrat sebanyak 17 gram per sendok makan. Kadar fruktosa dan glukosa dari pada madu efektif memberikan dorongan energi pada tubuh. Cobalah mengonsumsi madu sebelum berolahraga atau beraktivitas untuk meningkatkan stamina tubuh.

Saking manjurnya khasiat madu, tak heran bila saat ini muncul madu palsu atau madu campuran yang dijual bebas di pasaran. Untuk membedakannya Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Madu asli tidak akan membeku ketika disimpan dalam lemari es

2. Masukan satu tetes madu ke dalam air, madu asli akan jatuh ke dasar air dan tidak larut dalam air.

3. Lumuri madu pada pentul korek api kayu. Jika setelah digesek pada korek api tetap menyala, maka madu tersebut adalah asli.

4. Cara termudah, jangan langsung tergiur untuk membeli madu yang dijual dengan harga murah. Madu asli dan murni membutuhkan proses dan pembuatan yang tidak mudah dan harga yang tidak murah. *

 

INTAN WIDIASTUTI | TR

 

LEAVE A REPLY