Manfaat Yoghurt, Mulai dari Kesehatan Hingga Kecantikan

0
85
yoghurt
Ilustrasi Yoghurt dan Berries - Freepik

Sekilas yoghurt terlihat mirip dengan susu. Namun Anda akan menemukan perbedaan saat mencicipinya. Yoghurt memang merupakan susu segar yang telah mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Strephtillus thermopillus.

Bukan cuma dari segi rasa, yoghurt juga punya kandungan gizi dan manfaat yang berbeda dari tubuh diantaranya protein, vitamin B12, kalsium, panthothenic acid, potasium, seng, riboflavin dan fosfor. Meskipun terbukti punya segudang khasiat namun masih banyak orang yang belum rutin mengonsumsi yoghurt selayaknya rutin minum susu.

Jika hal itu pula yang terjadi pada Anda, berikut ini kami berikan beberapa khasiat yang didapatkan jika mengonsumsi yoghurt secara rutin.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Makanan merupakan sarana yang paling mudah masuknya bateri ke dalam tubuh. Apalagi jika Anda tidak cermat memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Yoghurt akan membantu tubuh meningkatkan kewaspadaan terhadap bakteri jahat yang masuk ke dalam usus. Sehingga Anda pun terhindar dari penyakit sistem pencernaan. Dampak jangka panjang, yoghurt bahkan berfungsi untuk mencegah kanker usus.

Alternatif Gizi Bagi Alergi Usus

Meskipun telah melalui tahap fermentasi, bukan berarti gizi susu pada yoghurt lenyap begitu saja. Yoghur ternyata tetap menyimpan kandungan gizi susu. Kabar baik ini tentu amat bermanfaat bagi penderita alergi susu atau lactose intolerance. Lactosa pada yoghurt sudah terpecah pada saat fermentasi sehingga kandungan lactosanya sudah sedikit. Namun yang perlu diingat, yoghurt bukanlah pengganti utama susu terutama anak-anak.

Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Yoghurt mengandung zinc, kalsium, B1, B2, B6, dan B12, protein serta ragi. Semua unsur tersebut mengandung enzim-enzim penting sebagai pelembab alami untuk kulit, wajah, dan rambut. Karena pelembab alami untuk kulit, wajah, dan rambut, maka Anda tidak perlu khawatir wajah dan rambut menjadi berminyak. Biasanya yoghurt juga bisa dijadikan sebagai masker wajah dan rambut.

Menetralisir Enzim Pada Lambung

Sifat asam pada yoghurt ternyata mampu menetralizir enzim pada usus manusia yang cenderung bersifat basa. Masalah yang disebabkan enzim basa pada lambuung seperti gas dan kembung pun dapat dinetralisir dengan yoghurt. Sedangkan bagi penderita maag, asal bukan maag akut/berat, masih dapat mengonsumsi yoghurt dengan aman asalkan dikonsumsi sesudah makan.

Yoghurt dan Ragam Bentuknya.

Pada dasarnya yoghurt lebih nikmat disajikan dingin, maka saat ini bermunculan produk yoghurt dalam berbagai bentuk mulai dari cair, smoothie, hingga frozen atau Froyo yang sedang digandrungi. Froyo biasanya dibuat hanya dengan rasa vanila kemudian dikonsumsi dengan tambahan berbagai potongan buah segar. Jadi, anda semakin jatuh cinta dengan kembaran susu satu ini? Jangan ragu untuk mengonsumsi yoghurt ya!(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia
Sumber. Majalah Bella Donna The Wedding

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here