Mantap! 5 Bahan Alami Tradisional Ini Solusi Kulit Kepala Kering

0
45
Foto: kamalaya

Kulit kepala kering memang bisa bikin penampilan jadi nggak asyik. Tahu-tahu kulit kepala jatuh di pundak, jadi serem! Solusinya, bisa pakai 5 bahan alami tradisional ini.

 

#1  Telur & Yogurt

Suka makan telur? Suka minum yogurt? Nah, kali ini keduanya bisa membantu lembapkan kulit kepala kering. Caranya, mudah saja: ambil yogurt polos tanpa gula dan campur telur, lalu oleskan langsung ke kulit kepala dan pijat sampai merata.

Setelahnya, coba didiamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Lalu pakailah sampo agar sisa yogurt dan telur terlepas, tak menempel.

 

#2  Minyak Kelapa

Bahan alami satu ini punya sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang bisa mengurangi infeksi akibat kulit kepala kering. Cara memakainya sebagai perawatan kulit kepala terbilang mudah: oleskan saja minyak kelapa ke kulit kepala. Pijat sampai akhirnya meresap. Lalu bilas rambut seperti di atas.

 

Baca juga: Lima Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Bebas dari Komedo

 

Foto: mandarinoriental

 

#3  Minyak Zaitun

Minyak ini memang terkenal karena ampuh sebagai pelembap kulit yang alami. Biasanya dipakai berbarengan dengan baking soda karena bubuk ini punya sifat anti-jamur plus anti-bakteri. Lengkap!

Campuran keduanya ampuh banget mengangkat ketombe sekaligus meredakan rasa gatal. Campurannya bikin secara merata, lalu ambil sesuai takaran secukupnya dan pijatkan ke kulit kepala dengan perlahan. Biarkan beberapa menit dan bilas dengan sampo.

 

#4  Alpukat

Kok alpukat? Bukannya alpukat lebih pas dikonsumsi sebagai jus dan campuran es-es nikmat alias menu dessert saja? Nyatanya lebih dari itu. Alpukat bisa jadi senjata basmi kulit kepala kering karena punya kandungan asam lemak tak jenuh!

Caranya, haluskan alpukat sampai benar-benar halus dan begitu sudah berubah rupanya menjadi minyak, campurkan dengan minyak zaitun. Silahkan lumuri kulit kepala dengan campuran ini lalu pijat perlahan. Kemudian diamkan 15 menit sebelum akhirnya dibilas.

 

Baca juga:  Ritual Perawatan Kecantikan untuk Calon Pengantin Wanita Betawi

 

#5  Lidah Buaya

Nah, kalau bahan alami ini punya kandungan yang bersifat anti-radang sehingga bisa melembapkan kulit kepala yang kering. Iritasi kulit kepala pun bisa dikurangi.

Ambil daun lidah buaya yang segar, belah jadi dua, lalu usapkan area daging daunnya yang penuh air, dan akhirnya usapkan ke kulit kepala. Setelah dirasa cukup usapannya, biarkan hingga 10 menit sampai gel meresap baik.

Oh ya, jangan salah, lidah buaya yang diminum sebagai jus pun bisa jadi pelembap kulit kering yang oke dan memaksimalkan usapan dari daun tadi!

 

 

OJ

Berbagai Sumber

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here