Tips Mujarab Perawatan Rambut Kering dan Kusam

0
25
tips perawatan rambut
Ilustrasi - Pixabay

Salah satu kecantikan wanita terlihat dari cara wanita itu merawat rambutnya. Semakin rambut dirawat, maka ia akan semakin indah. Sebenarnya, tak sulit untuk merawat rambut asal Anda tahu apa yang “diinginkan” rambut Anda. Dengan mengenali jenis rambut, maka Anda dapat merawatnya.

Coba raba rambut Anda, apakah terasa kasar, mudah kusut dan tampak kusam? Ini adalah ciri-ciri dari rambut kering. Rambut kering dan rusak biasanya diakibatkan kurangnya asupan makanan yang bernutrisi, kurang minum air putih, dan jarang berolahraga. Untuk Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan dan sering terkena sinar matahari langsung, juga berpotensi besar memiliki rambut kering. Dikarenakan rambut kering adalah jenis yang paling rapuh dari semua jenis rambut dan mudah mengalami kerusakan, sudah seharusnya ditangani dengan benar.

Baca Artikel Ini: Sembilan Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Jika kamu memiliki rambut dengan kondisi seperti ini, simak beberapa tips di bawah ini:

Jangan Terlalu Sering Keramas dan Perhatikan Komposisi Sampo

Terlalu sering keramas dapat menurangi kelembaban rambut. Untuk agenda keramas, Anda bisa melakukannya dua atau tiga hari sekali. Pilihlah sampo yang cocok untuk rambut kering, yaitu memiliki pH 4.5 dan 6,7. Perhatikan dengan tetiliti, pilihlah sampo yang tidak mengandung alkohol.

Pakai Kondisioner

Gunakan kondisioner setelah keramas. Lebih baik aplikasikan kondisioner pada rambut sebelum keramas, untuk memastikan sampo tidak membasuh semua sebum (pelembab alami rambut)

Jangan Terlalu Kasar

Usap kepala dengan lembut ketika keramas. Hindari gerakan menarik atau menghentak, apalagi menggosok dengan kuku secara kasar. Selain dapat mematahkan rambut, hal tersebut juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Lindungi Rambut Saat di Luar Ruangan

Lindungi rambut dengan topi, payung, atau syal bila berhadapan dengan sinar matahari atau saat cuaca dingin. Anda juga tidak disarankan keluar rumah saat rambut dalam keadaan basah karena rentan pada kerusakan.

Jangan Keramas dengan Air Hangat

Cucilah rambut menggunakan air bersuhu normal. Menyiram rambut dengan air hangat bisa membuat pori-pori kulit kepala terbuka dan sebum terangkat. Padahal sebum sangat bermanfaat untuk melembabkan rambut. Selain dapat membuat rambut menjadi kering, keramas dengan air panas juga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala, lho.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY