Tips Mengatasi Masalah Rambut Dengan Bahan Alami

0
43
masalah rambut
Ilustrasi - pixabay

Bagi kaum wanita rambut ibarat mahkota. Namun sayangnya sederet masalah rambut seperti ketombe, rambut kering, atau rontok menjadi masalah yang kerapkali mengganggu.
Sehingga wajib hukumnya untuk melakukan perawatan rutin seperti cream bath, hair mask, atau hair spa demi menjaga mahkota mereka.

Namun tahukah Anda, ternyata Anda bisa melakukan perawatan rambut sendiri tanpa perlu pergi ke salon. Beberapa bahan alami seperti buah-buahan, sayur hingga bahan makanan lain mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi rambut. Dengan panduan berikut ini, mari kita pelajari cara meracik sendiri bahan-bahan untuk merawat rambut sesuai kebutuhan

Rambut Rontok
Rambut rontok merupakan masalah yang sering dihadapi wanita. Bila rambut rontok ialah masalah rambut Anda juga, kurangi kerontokan rambut dengan bahan alami seperti teh  hijau dan kuning telur.

Untuk racikan teh hijau dan kuning telur buatlah dengan cara mencampurkan larutan teh dengan kuning telur, aduk hingga tercampur rata. Lalu, aplikasikan ke seluruh bagian rambut,  mulai dari kulit kepala, akar hingga  ke ujungnya. Tutup kepala dengan  shower cap, dan diamkan selama  30 menit. Terakhir, bilas dan cuci bersih dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Rambut Tipis
Rambut tipis menjadi salah satu ciri beberapa wanita. Kebanyakan, pemilik rambut tipis merasa bahwa rambut mereka menjadi kurang bervolume dan rapuh. Untuk mengatasi kendala ini gunakan labu kuning dan yoghurt sebagai bahan alaminya.

Caranya, haluskan labu kukus dan yoghurt menggunakan blender. Campurkan dengan minyak kelapa dan madu. Kemudian aplikasikan ke rambut dalam keadaan lembap. Tutup kepala dengan shower cap, dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dan cuci bersih dengan sampo, lalu kondisioner. Selain labu kuning dan yoghurt, Anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti racikan bahan pisang, telur, dan bir.

Rambut Kering dan Rusak
Ada banyak bahan alami yang dipercaya mampu mengembalikan kekuatan dan kelembaban rambut. Beberapa bahan diantaranya ialah dengan menggunakan bahan alpukat dan minyak zaitun.

Siapkan 1 buah alpukat dan 3 sendok teh minyak zaitun. Haluskan alpukat hingga berbentuk pasta, kemudian sisihkan. Lalu campurkan 100 ml santal kental dan minyak zaitu, lalu panaskan sejenak. Campurkan larutan santan dengan alpukat. Kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut, tutup kepala dengan shower cap, dan diamkan hingga 15 menit. 3. Terakhir, bilas dan cuci bersih dengan sampo, lalu kondisioner.

Ketombe dan Kulit Kepala Gatal
Ketombe tidak hanya merusak keindahan rambut Anda. Ketombe juga menjadi penyebab rasa gatal yang menyiksa. Kesalahan dalam memilih merk shampo, faktor keturunan, dan asupan makanan yang salah menjadi penyebab ketombe yang semakin menggila.

Demi mengusir ketombe dan kepala gatal Anda bisa mencoba racikan beberapa bahan dari cuka apel,lemon, pisang dan minyak almond. Bahan-bahan ini juga terbukti mampu mengatasi masalah ketombe tanpa efek kering atau kaku pada rambut.

Racikan cuka apel dan lemon. Cukup campurkan  ¼ cangkir cuka apel dan 1 buah lemon. Kemudian aplikasikan pada bagian kulit kepala dalam kondisi rambut yang sudah dicuci bersih. Lalu diamkan selama 15 menit.  Terakhir, bilas hingga bersih.

Racikan pisang dan minyak almond. Siapkan ½ buah pisang, beberapa tetes minyak almond, 2 sendok makan madu. Campurkan seluruh bahan tersebut lalu oleskan pada bagian kulit kepala, dalam kondisi rambut yang sudah dicuci bersih. Tutup kepala dengan shower cap , dan diamkan selama 20 menit. Akhiri dengan membilas dengan air bersih. *

 

Text. Tim Mahligai

LEAVE A REPLY