Ternyata Ini Nama Asli 5 Pulau Terbesar di Negeri Nusantara Indonesia

0
72
Foto: intrepidtravel

Hari Nusantara disemat tiap 13 Desember dan ternyata lima pulau besar nusantara Indonesia ini punya nama kuno, loh! Apa saja itu?

Saat ini pastinya Indonesia sudah bukan dikenal sebagai pulau kecil bernama Bali saja. Apalagi kalau bukan dengan kehebatan bangsa ini saat diadakannya Asian Games ke-18 yang digelar dengan begitu meriah dan penuh rasa persatuan-kesatuan maksimal.

Indonesia adalah negeri nusantara dengan banyak pulau. Tak heran kalau sebutannya adalah ‘Negeri Khatulistiwa’ dengan hamparan 17.508 pulau (yang dinyatakan Undang-Undang No.6/1966). Ternyata dari ribuan pulau yang ada tersebut, sebanyak 70 persen tidak berpenduduk alias kosong.

Kesininya, sebanyak 16.056 pulau sudah diberi nama dan dilaporkan pemerintah Indonesia ke Perserikatan Bangsa-Bangsa alias PBB. Dari situ ketahuan kalau ternyata ada beberapa pulau yang pernah disebut dengan nama lain semasa dulu. Demikian lansiran dari Kompas.

Apa saja pulau-pulau tersebut?

 

#1  Pulau Jawadwipa

Sudah ketahuan ya nama di atas adalah sebutan lama Pulau Jawa. ‘Jawadwipa’ sendiri adalah sebutan dari nenek moyang yang punya arti ‘pulau makmur dengan padi melimpah’.

Torehan lain yang membuktikan nama kuno Jawa adalah dari The History of Java rilisan 1817. Disitu Thomas Stamford Raffles menyebut nama ‘Yavadvipa’ muncul dalam sejumlah kisah klasik India, seperti Ramayana.

Serunya nih, Pulau Jawa sempat disinggung dalam ranah sejumlah berita China dari abad ke-5. Pulau Jawa disebut ‘Shi-Po’ dan ada sebutan lainnya yang berbunyi ‘Zhao-Wa’ dari masa Dinasti Yuan.

 

Baca juga: Mari Goyang Lidah dengan 7 Sate Khas Jawa Tengah

 

#2  Pulau Swarnadwipa

Ini menjadi sebutan lama dari salah satu pulau besar negeri nusantara, Sumatera. Ya, dulunya, Sumatera dikenal dengan nama Pulau Swarnadwipa atau Suvarnadwipa. Nama ‘Suvarnadvipa’ sendiri muncul dalam Prasasti Nalanda di India yang punya usia tahun 860, yang menceritakan ekspedisi raja ke Kerajaan Sriwijaya di Sumatera. Demikian menurut National Geographic.

Arti ‘Swarna’ sendiri berarti ‘emas’, mengingat saat itu Sumatera dikenal sebagai penghasil emas. Istilah ini pernah juga muncul pada kisah Ramayana.

 

#3  Pulau Celebes

Nah, kalau yang satu ini nggak ketahuan pulau mana! Pastinya ‘Celebes’ adalah nama pertama Pulau Sulawesi yang disebutkan orang-orang Portugis pada awal ke-16. Setidaknya itu berdasarkan situs pariwisata Sulawesi.

Tapi ada juga sumber informal yang bilang kalau Celebes menjadi sebutan Sulawesi dari orang Belanda. Celebes menjadi kesalah-pahaman karena perbedaan bahasa yang tak dimengerti saat ini, saat orang Belanda menanyakan apa nama benda yang dipegang salah satu penduduk asli, dijawab dengan ‘Sele bessi’ yang artinya ‘badik’ (senjata tradisional Sulawesi).

 

#4  Pulau Borneo

Pulau satu ini punya sebutan ‘Borneo’ dicetuskan baik oleh para kolonial Belanda dan Inggris, sebelum bernama ‘Kalimantan’. Disebut ‘Borneo’ karena letak kerajaan Kesultanan Brunei berada di satu pulau dengan Kalimantan.

Tapi kata penulis, Eugene Linden, kata ‘Borneo’ bisa berasal dari bahasa Sansekerta, Varuna, alias Dewa Hujan yang dipercayai pemeluk Hindu. Sebutan ‘Kalimantan’ sendiri merujuk kata Sansekerta, Kalamantahana, yang berarti pulau yang sangat panas!

 

Baca juga: Jangan Lupa! 4 Oleh-Oleh Khas Jayapura Ini Wajib Dibawa Pulang

 

#5  Pulau Irian

Kalau yang satu ini sudah ketahuan sebagai nama lama dari Papua, karena nama ‘Irian’ pernah dipakai semasa masa Orde Baru dulu. Lengkapnya ‘Irian Jaya’. Nama ‘Irian’ sendiri berasal dari kosakata bahasa Biak, Mariiyen, yang berarti ‘bumi yang panas’.

Tapi menurut Harian Kompas, kata ‘Irian’ ada karena sikap politik penduduknya yang memang ingin bergabung dengan Indonesia. Nama ini muncul formal dalam Konferensi Malino pada 15-22 Juli 1946, diusulkan Frans Kaisiepo yang selanjutnya menjadi gubernur.

Ia mengusulkan nama ‘Iryan’ yang lalu berubah menjadi ‘Irian’ yang sebenarnya punya arti lain, yaitu ‘Ikut RI Anti-Nederland’.

 

Keren, ya!

 

 

 

Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here