Bank DBS Indonesia Perkenalkan Wirausaha Sosial Melalui Karya Fotografi

0
57

SEBAGAI layanan finansial dengan lebih dari 280 cabang di 18 negara, Bank DBS Indonesia sangat fokus dalam upaya menumbuhkembangkan wirausaha sosial. Sesuai dengan misi tersebut, kali ini DBS Indonesia menularkan semangat wirausaha sosial kepada masyarakat sosial melalui karya fotografi. Sebuah pameran foto hasil karya pemenang Photo Challenge bertajuk “A Journey to Live Kind” pun diperkenankan kepada awak media dan komunitas.

Berawal dari Februari 2017 lalu, Bank DBS Indonesia meluncurkan kontes Fotografi bertajuk #LiveMoreSociety Photo Challenge. Para peserta diminta untuk menerjemahkan arti pesan brand DBS “Live More, Bank Less” melalui sebuah karya fotografi. Kontes fotografi ini pun disambut antusias dengan terkumpulnya 2.528 karya foto selama satu bulan. Setelah melalui proses penjurian yang dilakukan oleh photographer expert, Arbain Rambey dan Harris Syn, terpilihlah sebanyak delapan (8) pemenang.

dbs indonesia
Arbein Rambey, coach Photo Challenge

Yang istimewa, sebagai hadiah dari kompetisi tersebut, pemenang diajak berkunjung ke tiga daerah eksotis di Indonesia yaitu, Mamasa-Sulawesi Barat, Watublapi-Flores, dan Malang –Jawa Timur. Bukan sekadar trip biasa, mereka juga memeroleh pengalaman langsung  menjadi relawan di beragam usaha sosial lokal. Seperti pengalaman menenun yang diajarkan oleh para Kelompok Tenun Watubo dari Desa Watublapi, Flores.

Hasil perjalanan inilah yang diterjemahkan secara apik melalui 29 karya fotografi yang dipamerkan di Quible Center, Senopati, Jakarta Selatan. Salah satu karya fotografi yang dipamerkan menceritakan tentang Toraja Melo, pemberdayaan ibu-ibu penenun di Desa Pebassian dan Desa Balla, Mamasa, Sulawesi Selatan. Ada pula foto yang mengulas Sahawood, kisah mantan narapidana dan pecandu narkoba yang menjalani kehidupan lebih baik melalui program pemberdayaan membuat kacamata berbingkai kayu.

Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia, Mona Monika pun berharap kegiatan ini dapat mempopulerkan kegiatan wirausa sosial sesuai dengan misi DBS Indonesia. “Diharapkan tidak hanya banyak orang Indonesia yang terjun sebagai wirausaha sosial, tetapi juga membeli hasil dari wirausaha sosial. Semakin marak wirausaha sosial kita, maka isu sosial di Indonesia semakin banyak terselesaikan, insya Allah,” tandasnya.(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY