6 Tip Aman Pakai Transportasi Umum di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

0
3

Buat kamu yang rutin naik transportasi umum, wajib tetap waspada pada virus Covid-19. Masa adaptasi Kebiasaan Baru bukan waktu untuk lalai tapi justru masa untuk makin waspada. Ini 6 tip aman ber-transportasi umum…

Bahaya Covid-19 memang terasa bagai dongeng. Itu jika belum ada anggota keluarga dan kerabat yang tertular atau positif.

Tapi jika sudah ada anggota keluarga dan kerabat yang positif, barulah terasa seperti film horor. Segala daya pun diupayakan: makan makanan bergizi, berolahraga ringan, hingga minum vitamin dan mengisolasi diri pun dilakukan.

Oh ya, tentu saja berdoa.

Sayangnya, begitu masuk masa adaptasi #KebiasaanBaru, banyak orang yang malah mengendurkan kewaspadaan. Cuek gak pakai masker, tidak jaga jarak, hingga tak jaga pola hidup sehat.

Ingat, olahraga bukan berarti harus ikut CFD beramai-ramai, tapi olahraga di pekarangan rumah atau ruang tamu itu sudah masuk hitungan olahraga. (Toh, kebanyakan orang yang ikut CFD mayoritas tak disertai semangat berolahraga, bukan?)

Melonjaknya kasus mereka yang positif Covid-19 di Surabaya jadi bukti bahwa kewaspadaan diri mengendur.

Momen Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini justru tetap harus waspada pada protokol kesehatan demi Indonesia yang Bebas Corona.

Mereka yang sudah masuk kerja alias sudah mulai Work from Office (WFO) dan tak lagi WFH (Work from Home) pun apalagi harus punya kewaspadaan tingkat tinggi. Selain waspada di lingkungan kantor, juga harus waspada jika rutin memakai transportasi umum.

Jaga jarak sudah pasti jadi poin utama banget dalam hal ini. Demikian peringatan yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Demikian yang dilansir dari goodnewsfromindonesia.

Hanya itu saja selain pakai masker?

Berikut 6 tip aman wajib dilakukan untuk mereka yang pakai transportasi umum, selama masa AKB ini:

 

  1. Selalu pakai masker dengan baik dan benar

Ini demi menjaga ‘droplet’ atau tetesan air liur orang lain atau keringat orang lain yang ternyata mengandung virus Covid-19, agar tidak masuk terhirup hidung dan mulut.

Plus, pakai masker juga sebenarnya melindungi orang lain dari ‘droplet’ kita sendiri – jika kita ternyata adalah OTG (Orang Tanpa Gejala).

 

2. Tidak Menyentuh Bagian Kendaraan

Kamu yang suka bergelantungan memegang pegangan di bis Trans Jakarta, usahakan untuk tak memegangnya lagi. Lebih baik bersandar ke bagian yang bisa disandarkan tubuh. Jangan pakai tangan menyentuh bagian apapun dalam bis.

 

3. Selalu Jaga Jarak

Ini memang sulit dilakukan, tapi jika ingin merasa damai, jauhi orang yang mendekat ke posisi kita. Mengingat banyak sekali orang yang tak suka ditegur untuk jaga jarak.

Lebih baik kita yang waspada dari dalam diri kita sendiri dahulu.

 

Baca Suka-Tak Suka, Ini 4 Benda Wajib Bawa di Era Kebiasaan Baru

 

4. Bayar ongkos non-tunai

Ya, silahkan pakai kartu debit atau kartu pembayaran lainnya sebagai alat pembayaran ongkos.

Uang adalah benda paling kotor karena dihuni berbagai virus, bakteri dan kuman.

Memang sih pasti bisa bersihkan tangan atau pembersih tangan – tapi itu jika kita ingat. Kalau tidak, ya kita dengan cueknya pegang mulut atau hidung dengan tangan yang habis memegang uang, bukan?

 

5. Bawa helm sendiri

Sepertinya memang ribet banget untuk bawa-bawa helm sendiri. Tapi bayangkan, helm yang kita pakai adalah bekas kepala orang lain, yang mana kita gak tahu seberapa bersih kepala orang lain tersebut!

Lebih baik ribet tapi aman higienis untuk diri sendiri daripada …

 

6. Pakai tisu bersih jika harus sentuh mata dan wajah

Ini penting banget! Apalagi jika nyatanya mata kita gatal atau secara gak sadar kita mengusap-usap wajah karena merasa ada kotoran.

 

Ya, pada akhirnya semua orang punya peranan menjaga kesehatan orang lain. Jika kita menjaga kesehatan kita berarti kita juga menjaga kesehatan orang lain.

Ini saatnya bukan untuk menganggap sepele hal-hal remeh!

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

 

 

 

 

 

O.J.

Berbagai sumber / Foto:Ketut Subiyanto – pexels

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here