Keren! Ini Keseruan Hari Batik Indonesia di Helsinki

0
35

Indonesia adalah batik dan batik adalah Indonesia. Ragam corak batik seolah jadi refleksi pekat kalau Indonesia adalah negeri beragam suku dan budaya. Tak heran Hari Batik Indonesia di Helsinki menjadi momentum penting banget!

Ribuan pengunjung sebuah mal terbesar di Helsinki menjadi saksi betapa batik adalah corak menawan yang memang unik dan sangat menarik mata. Semua pengunjung IT IS Shopping Center pada 21 Oktober 2019 lalu memang terpana dengan batik.

Koleksi batik yang digelar sendiri adalah koleksi dari Gee Batik yang dikreasi Sugeng Waskito sebagai perancang. Selain batik, ada juga baju tradisional lukisan tangan Yoseart yang digarap perancang Yosefin Mariani.

Koleksi-koleksi batik tersebut diadakan KBRI Helsinki selama satu hari.

Tentu saja Indonesian Batik Day diadakan untuk mempromosikan dan menciptakan kesadaran publik pada Batik Indonesia. Apalagi Batik Indonesia sudah diakui sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Terlihat dari wajah para pengunjung baik itu yang dewasa maupun anak-anak kalau mereka tertarik dengan batik. Itu lebih terlihat lagi saat mereka mencoba membuat corak batik alias membatik secara tradisional dengan canting, saat pelatihan kecil batik diadakan.

Kebanyakan dari mereka bereaksi dengan versinya masing-masing. Kekaguman mereka makin bertambah karena saat membatik pun ternyata dianggap terasa rumit tapi menyenangkan oleh mereka.

Tak hanya menyajikan batik sebagai momen perkenalan pada masyarakat Helsinki, momen ini juga jadi ajang perkenalan dan promosi kekayaan budaya, tradisi dan adat-istiadat berbagai suku Indonesia, seperti suku Dayak (Kalimantan Selatan), suku Batak (Sumatera Utara) dan suku Bali dan Papua.

Tak heran budaya tradisional Dayak ditampilkan dalam bentuk tarian tradisional yang ditampilkan penari Dayak, Poyanto). Dan tampil juga tarian Tinggang Mura Sentaki dan Mohing Asang, adapula pelatihan kecil body painting motif suku Dayak ke anak-anak yang berkunjung ke eksibisi. Mereka semua pun terkagum-kagum dengan motif-motif yang disajikan.

Selain tari dayak, Tinggang Mura Sentaki dan Tari Mohing Asang, ada juga Tari Tor Tor dan Tari Pendet digelar.

Serunya, di akhir sesi peragaan busana, para perancang dan model bareng-bareng menarikan Tari Modern Jawa Luhur Nusantara!

Selain deretan budaya di atas, KBRI Helsinki juga bergantian menggelar video destinasi pariwisata Indonesia, seperti Yogyakarta, Bali, Jakarta, Raja Ampat di sela-sela sesi peragaan busana dan tari-tarian yang ada.

Oh ya, momen Indonesian Batik Day sendiri jadi kegiatan promosi Batik dan budaya Indonesia serta destinasi pariwisata yang baru pertama kali diadakan di Finlandia. IT IS Shopping Center sendiri adalah salah satu mal terbesar di kawasan Eropa Nordik.

Wah, makin dikenal budaya Negeri Nusantara Indonesia tercinta ini, ya!

 

 

 

 

O.J.

Sources: kemlu.go.id

Foto utama: Masbet Christianto / pixabay – Foto: KBRI Helsinki

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here