Kain Songket Sambas Meriahkan Fashion Show JFFF 2017

0
166
Asha by House of Irsan
Asha by House of Irsan - Dok. JFFF 2017

PAGELARAN mode dan kuliner, Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) masih terus berlangsung hingga 7 Meil 2017 mendatang. Serangkaian acara menarik pun disuguhkan pihak penyelenggara untuk memeriahkan JFFF tahun ini. Untuk fashion festival, setiap tahun  JFFF selalu menghadirkan kolaborasi desainer ternama dengan wastra nasional sebagai  persembahan istimewa di puncak acara. Nah tahun ini, pagelaran busana yang mengusung wastra Songket Sambas dipersembahkan oleh House of Irsan.

House of Irsan terinspirasi dari akar budaya Sambas dan hubungannya dengan kain songket Sambas untuk menciptakan karyanya kali ini. Tanpa mengabaikan pakem-pakem budaya dan orisinalitas hasil karya para pengrajin kain songket Sambas, sebanyak 35 koleksi busana untuk wanita dan 6 busana untuk pria yang ditampilkan berhasil mewarnai panggung runway JFFF 2017.

House of Irfan sengaja mengusung tema “Asha” untuk koleksi terbarunya ini. Sesuai dengan makna Asha sendiri yang secara harfiah bermakna “Harapan” koleksi bertema Songket Sambas diharapkan dapat lebih dikenal dan dikenakan oleh masyarakat luas. Lebih lanjut, juga membuka lapangan kerja lebih luas lagi bagi para perajin Songket Sambas untuk terus melestarikan warisan budaya bangsa di masa mendatang.

Selain pagelaran busana bertajuk Asha by House of Irsan, diumumkan pula penghargaan Fashion Icon Award 2017 untuk tiga mode tanah air yang telah berkontribusi memajukan industri fashion Indonesia. Mereka adalah Baron Manansang sebagai Tokoh Pengembang Tenun Ikat Sutera menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin, Itang Yunasz sebagai Tokoh Desainer yang Konsisten dalam Produksi Busana Massal, dan Rinaldy A. Yunardi sebagai Tokoh Perancang Aksesori Mode Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut dipilih melalui pertimbangan dan penilaian sejumlah pakar melalui serangkaian diskusi dari tim yang terdiri atas para pemerhati, pelaku mode, dan jurnalis mode yang kredibel.*

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY