Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 Siap Jadi Kiblat Fashion Muslim Dunia

0
16
Indonesia akan jadi kiblat fashion muslim dunia | foto: dok. Mahligai Indonesia

Industri fashion muslim di Indonesia telah bergerak maju. Untuk memantapkan itu Indonesia berencana hadir sebagai kiblat fashion muslim dunia. MUFFEST menjadi jawabannya.

 

MUFFEST – kependekan dari Muslim Fashion Festival Indonesia dirancang sebagai bukti nyata kalau Indonesia peduli dan serius pada perkembangan fashion muslim global. Bahkan pemerintah sendiri menjadi partner diadakannya MUFFEST.

Untuk itu penyelenggaraan ke-3 MUFFEST akan dibuka Presiden Joko Widodo, yang diikuti dengan undangan ke Istana Bogor untuk dengar pendapat desain akbar upaya Indonesia menjadi pusat busana muslim dunia.

Desain busana muslim Indonesia unik sekaligus etnik | Foto: dok. Mahligai Indonesia

MUFFEST sendiri akan kembali diselenggarakan pada 2-5 Mei 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dengan menggandeng Dyandra Promosindo dan Hijabers Mom Community dan Hijabers Community sebagai organizer dan community partner.

“MUFFEST diarahkan untuk menjadi muara dari perkembangan terkini industri fashion muslim Indonesia, yang meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi dan tren. MUFFEST juga diadakan untuk memperluas dan meningkatkan kompeten produk fashion muslim Indonesia agar menguasai pasar lokal tapi juga bisa bersaing di pasar global, dan akhirnya mewujudkan Indonesia sebagai pusat belanja, produksi, dan barometer tren fashion muslim global,” demikian Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber.

MUFFEST 2019 memang akan kembali berupa pameran dagang untuk menguatkan konsep ritel atau B2C (Business to Customer) yang mengarah ke B2B (Business to Business). Tak heran kalau akan hadir 400 eksibitor, seperti Ethnic, Urban, Mens Wear, Textile, Leather, Syar’I, dan Sport Wear.

Selain pameran, hadir juga fashion show yang menampilkan 100 karya desainer busana muslim. Baik yang berwujud konvensional, kontemporer, hingga syar’i mengacu ke Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 bertema “Singularity”.  Tema ini sendiri meliputi tema Exuberant, Neo Medieval, Svarga dan Cortex.

Lebih jauh lagi hadir pula rangkaian acara lain seperti talkshow, fashion presentation, photo contest, vlogger competition, influencer gathering, dan kompetisi seperti Catch Your Style, Next Face MUFFEST 2019, dan Modest Young Designer Competition (MYDC) 2019 – sebagai ajang menjaring talenta generasi penerus industri fashion muslim negeri ini.

Indonesia Fashion Chamber, BEKRAF dan segenap komponen siap untuk MUFFEST 2019 | Foto: dok. Mahligai Indonesia

Dukungan pemerintah juga diwujudkan dengan hadirnya BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) yang memfasilitasi Indonesian Trend Forecasting (ITF) sekaligus sosialisasi ke daerah-daerah untuk menyiapkan produk yang ditampilkan MUFFEST.

“BEKRAF ingin lebih mendorong talenta desainer fashion muslim berkualitas di Indonesia yang siap go global dengan mendukung penyelenggaraan MUFFEST sebagai event di dalam negeri taraf internasional. BEKRAF mengarahkan dukungan pada penyediaan fasilitas untuk mendatangkan dan memberikan intensif kepada buyer internasional yang datang ke MUFFEST,” jelas Joshua Simandjuntak, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

 

 

Penulis: Orlando

Foto: IFC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here