Anne Avantie Pasar Tiban Hadir Kembali di Kota Kasablanka

0
50
Talk show saat pembukaan Anne Avantie PasarTiban | Foto: Dok. Anne Avantie

Untuk kesekian kalinya, Anne Avantie Pasar Tiban hadir kembali di Jakarta. Setelah 17 kali diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia seperti Surabaya, Makassar dan Medan, event ke-18 ini digelar di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka dari 26 Juni-1 Juli 2018.

Pada acara pembukannya, Bunda Anne, begitu Anne Avantie biasa disapa, menuturkan bila dirinya ingin menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia. “Saya ini hanya memiliki ijazah SMP. Bisa menjadi seperti ini memang sudah saya bayangkan dari dulu,” Anne bercerita.

29 tahun Anne Avantie berkarya di bidang fesyen melalui perjalanan panjang dan tidaklah selalu mulus. Ia memulai kariernya di sebuah garasi kecil di sebuah rumah kontrakan dan hijrah ke Jakarta pada tahun 1999. Pergulatan batin, naik turun dan jatuh bangun upayanya, menorehkan sebuah catatan hidup. “Jangan pernah lelah untuk berjuang,” demikian Anne berpesan.

Gerbang masuk ke Pasar Tiban Kota Kasablanka | Foto: Desen Galyandi

Omong-omong tentang turun naik usahanya, ia adalah salah satu korban kerusuhan di Solo tahun 1998. “Saat itu tempat usaha saya dibakar. Namun peristiwa itu tidak lantas membuat saya putus asa. Saya bangkit kembali,” Anne mengenang.

Seiring berjalannya waktu, Anne Avantie bertumbuh dengan inspirasi yang tiada habisnya. Salah satunya adalah pameran karya anak negeri Pasar Tiban yang setiap bulan diselenggarakan dalam kurun waktu 1,5 tahun.

Pasar Tiban menyuguhkan berbagai kuliner tradisional Indonesia seperti pecel, rujak, es dawet dan lain-lain yang berkolaborasi dalam aneka produk fashion dan handycraft. Anne juga menggandeng komunitas “Kampoeng Hompimpa” yang mengelola Kampoeng Dolanan Anne Avantie untuk memberikan edukasi mengenai permainan tradisional Indonesia.

Produk yang dipasarkan Anne Avantie Pasar Tiban merupakan kepedulian yang melibatkan para UKM di sekitarnya serta griya kreatif para wanita dari Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wanita,  Bulu-Semarang yang sudah berlangsung hampir 11 tahun lamanya. Pada kesempatan ini, pengunjung dapat menemukan busana batik dari harga puluhan hingga jutaan rupiah.

Anne Avantie Pasar Tiban ke-18 ini dibuka oleh Ir. E. Ratna Utarianingrum, M.Si selaku Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan di Kementerian Perindustian Republik Indonesia.

THERESIA TRIOMEGANI

LEAVE A REPLY