Bleketepe Telah Terpasang di Kediaman Jokowi, Apa Maknanya?

0
48
Jokowi Pasang Bleketepe - Jokowi Mantu - #jokowimantu
Ilustrasi - Instagram/ bypity

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana telah memasang bleketepe sekitar pukul 08.15 WIB di pagar depan rumahnya, Desa Sumber Kecamatan Banjarsari Solo, Selasa (7/11/2017). Ini merupakan prosesi dalam pernikahan adat Jawa yang harus dilakukan orang tua dari calon pengantin wanita.

Tampak Jokowi menaiki tangga, sedangkan Iriana membantu memberikan bleketepe. Terlihat pula Gibran Rakabuming berserta anak dan istrinya, serta Kaesang Pangarep menyaksikan prosesi tersebut.

Baca Juga: Serbaserbi Pengantin dan Prosesi Pernikahan Adat Jawa

Nama bleketepe awalnya diambil dari istilah Bale Katapi, yakni tempat pemilihan kotoran untuk kemudian dibuang. Bleketepe terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih hijau dan dipasang di depan pagar sebagai pertanda berlangsungnya prosesi hajatan besar. Ya, besok merupakan hari pernikahan putri Presiden, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution.

Bleketepe juga menjadi lambang penyucian lokasi dan penolak bala. Dengan begitu, pemangku hajat berharap acara yang sedang digelar dapat berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Tamu undangan yang melewati bleketepe seakan ‘disucikan’.

Jokowi Pasang Bleketepe - Jokowi Mantu - #jokowimantu
Instagram/ s.harsono88

Setelah memasang bleketepe, Jokowi menyelipkan seikat gabah pada setandan pisang yang sudah dipajang sebelumnya. Tidak lupa dipasang beberapa kelapa. Hal tersebut melambangkan harapan agar pernikahan senantiasa membawa kemuliaan dan ketentraman.

Baca Artikel Ini: Urutan Prosesi Pelaksanaan Perkawinan Adat Jawa Solo

Jokowi Pasang Bleketepe - Jokowi Mantu - #jokowimantu
Instagram/ liputan6

Presiden Jokowi beserta keluarga inti tampak serasi dalam balutan busana tradisional bernuansa oranye. Para kerabat Presiden yang perempuan mengenakan kebaya putih berpadu dengan kain batik dan selendang warna hijau. Sedangkan yang laki-laki, mengenakan pakaian adat Jawa berwarna krem.

Acara selanjutnya adalah siraman yang dilakukan kedua mempelai secara terpisah. Jika Kahiyang Ayu melakukan siraman dikediamannya, Bobby Nasution melangsungkan siraman di Hotel Alila Solo.

Teks: Elsa Faturahmah

 

LEAVE A REPLY