Delia von Rueti, Desainer Jewelry yang Wujudkan Taman Hutan Hujan Tropis Pertama di Indonesia

0
330
delia von rueti
Dari kiri ke kanan : Evelyn, Aming, Titi DJ, Delia, Teuku Zacky - Dok. Love & O2

Coba ingat, kapan terakhir kali Anda melihat hewan  seperti kupu-kupu, capung, atau kunang-kunang? Itulah salah satu pertanyaan menggelitik yang dilontarkan oleh Delia von Rueti kepada wartawan yang hadir dalam media gathering gerakan mencintai lingkungan “Love & 02” Rabu (23/11) di Grand Hyatt Jakarta.

Delia von Rueti ialah desainer perhiasan kenamaan yang merasa resah atas semakin berkurangnya lahan hutan dan kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi kita. Berangkat dari hal itu, Delia berinisiasi membuat gerakan mencintai lingkungan bertajuk “Love & O2”.

Tidak hanya sekedar berbicara, aksi nyata Delia diwujudkan dengan mendonasikan lahan pribadinya seluas 2.500 hektar yang terletak di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah untuk konservasi. Mimpi besar Ibu tiga anak ini ialah, Indonesia memiliki taman hutan hujan tropis yang kelak dapat dinikmati generasi selanjutnya.

Untuk mengajak partisipasi masyarakat terhadap gerakan ini, Delia pun menggagas ide “1 T-shirt for Tree Movement.” Dalam gerakan ini, T-shirt cantik rancangan Delia dijual ke publik  seharga seratus ribu rupiah. Nantinya, seluruh hasil penjualan akan digunakan untuk membantu pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis.

Uniknya, Delia yang terbiasa mendesain aksesoris ekslusif untuk para pesohor negeri, mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti saat mendesain sendiri T shirt yang akan dijual. “Ngga ada kesulitan saat mendesain T-shirt, bahkan lebih susah mendesain jewelry,” tutur Delia.

Dalam merancang T-shirt, awalnya Delia mencari inspirasi dari foto-foto pemandangan hutan yang ada di internet. Kemudian, Ia memanfaatkan foto-foto koleksi pribadinya sebagai inspirasi desain T-shirt.” Saat memotret pohon itu, saya bahkan ga berpikir untuk dijadikan desain kaos,” cerita Delia.

Hasilnya sebanyak 100.000 kaos dengan desain pepohonan dan pemandangan hutan siap dijual untuk mengampanyekan gerakan ini. Anda yang tertarik dan merasa terinspirasi dengan aksi yang dilakukan Delia, dapat turut berpartisipasi dengan melihat di akun Instagram @loveando2 atau di website www.loveando2.love

Sederet nama artis Indonesia seperti Teuku Zacky, Titi DJ, Chelsea Island, dan Aming pun turut mendukung gerakan ini secara sukarela. “Mereka semua mau mendukung aksi ini tanpa dibayar satu rupiah pun,” ujar Teuku Zacky yang juga hadir dalam acara ini. *

INTAN WIDIASTUTI | DWI ANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here