Karya Kreatif Nusantara Dipamerkan di Katumbiri Expo 2016

0
116

Ragam karya kreatif dalam bidang industri kecil dan menengah kembali dipamerkan dalam Katumbiri Expo 2016. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Katumbiri Expo kali ini memperlihatkan karya-karya anak bangsa dari seluruh pelosok Nusantara.

Katumbiri Ekspo merupakan kegiatan pameran yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2011, dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan baik dari jumlah kepesertaan, keanekaragaman jenis produk, banyaknya pengunjung maupun omzet penjualan para peserta pameran. Ada sekitar 226 stand ikut berpartisipasi yang terdiri dari produk fashion batik, tenun hingga songket, aksesori, perhiasan, handicraft, dan sebagainya.

index2Katumbiri Expo merupakan awal rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 tahun 2016 pada 22 Desember 2016. Katumbiri sendiri berarasal dari kosakata yang berarti pelangi’ melambangkan keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif serta dilengkapi kandungan teknologi. Kali  ini mengusung tema’Optimalisasi Peranan Perempuan dalam Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Menuju Kesetaraan’.

Peran perempuan dimaksudkan untuk mengangkat kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki yang berkiprah di bidang Industri  Kecil dan menengah (IKM) sehingga mampu menjadi barometer atau tolok ukur kemajuan industri kreatif Indonesia. Jenis usaha mikro yang banyak dijumpai terutama di pedesaan dan daerah tertinggal adalah sektor industri rumahan, di mana usaha mikro sebagian besar dilakukan oleh perempuan.

index4Katumbiri Expo 2016 diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan PT Mistisindo Graha Expotainment sebagai pelaksana,serta didukung Kementerian dan lembaga terkait. Berlangsung mulai tanggal 30 November sampai dengan 4 Desember 2016 di Hall A dan lobby, Jakarta Convention Center.

Selain pameran dagang produk kerajinan dan karya kreatif berbasis lokal budaya Nusantara, pameran juga diisi dengan demo merangkai bunga kering, talkshow pemberdayaan ekonomi perempuan, serta pagelaran musik. Melalui tema tersebut diharapkan mampu mendorong kaum perempuan berwirausaha dan berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan bangsa.

Katumbiri Expo kali ini menampilkan karya-karya anak bangsa dari seluruh pelosok nusantara untuk menunjukkan kepada masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri, terkait hasil kreativitas dan potensi yang telah dikerjakan kaum perempuan di bidang Indonesia menuju kesejahteraan.

Pembukaan pameran ditandai dengan kata sambutan oleh Ibu Tri Tito Karnivan, serta dihadiri olehmantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Ibu Sulasikin Murpratomo, tokoh wanita Ibu Try Sutrisno, Ketua Umum Konggres Wanita Indonesia (KOWANI) Ibu Giwo RubiantoWiyogo, dan sejumlah wanita wiraswasta pengusaha kecil dan mikro.

Teks & Foto: Dwi Ani Parwati

LEAVE A REPLY