Wah! Ternyata Lukisan Tertua Sedunia dari Gua Sulawesi Selatan

0
64

Siapa sangka kalau lukisan tertua sedunia berasal dari Gua di Sulawesi Selatan! Tepatnya di Leang Bulu Sipong. Keren, kan?

Konon usia dari lukisan ini berusia 44 ribu tahun! Toh, meski masih belum bisa dipastikan banget-banget, karena para arkeolog berpendapat masih ada yang lebih tua umurnya, lukisan yang berwujud bak komik tanpa dialog ini adanya di Leang Bulu Sipong.

Kabarnya lukisan tertua di dunia ini memang ada di Gua Leang Bulu Sipong 4, letaknya di kawasan karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Tampilannya sendiri berupa lukisan dinding gua yang menggelar fisiknya hingga 4,5 meter. Lukisan ini ditemukan pada Desember 2017 lalu oleh tim arkeolog Indonesia-Australia. Demikian lansiran dari Vice.

Tentu saja ini menjadi bukti nyata kalau sejak dahulu kala manusia ‘ngeh’ banget kalau mereka bisa bercerita, mau bercerita dan pengonsumsi cerita.
Dan karena zaman purbakala dulu masih belum ditemukan kertas sebagai wadah tulisan dan gambar, manusia purbakala mengguratkannya dengan begitu detail pada dinding gua.

Serunya, mereka mengguratkannya dalam bentuk bercerita. Tampak ada enam hewan khas Sulawesi, yaitu empat anoa dan dua babi rusa yang digambarkan sedang diburu dengan tombak dan (seperti) guratan tali panjang beberapa sosok manusia setengah hewan.
Keren, kan!

Lukisan tersebut berusia 44 ribu tahun dan jadi lukisan bercerita tertua di dunia!

Dua tahun berselang dari Desember 2017, empat belas peneliti baru mempublikasikan temuan mereka di jurnal Nature dengan judul ‘Earliest Hunting Scene in Prehistoric Art’.

Oh ya, sebelumnya, ada sebuah lukisan bercerita pertama yang dipercaya sebagai lukisan dinding gua berusia 21 ribu tahun. Dan lukisan ini sempat selama bertahun-tahun dipercaya sebagai lukisan manusia prasejarah pertama di Eropa sana.

Karena itu, saat itu seni menggambar di cadas diyakini berasal dari Eropa karena temuan di Australia, Asia dan Afrika umurnya lebih muda.

Tampilan lukisan tertua dari Sulawesi ini ditegaskan murni paling tua dibanding lukisan 21 ribu tahun tersebut.

Baca Menyelami Keasrian Antik Taman Sari di Yogyakarta

Setidaknya demikian kata Adam Brumm, anggota tim arkeolog The Australia Research Centre for Human Evolution (ARCHE). Ia bilang kalau dirinya tak pernah melihat tampilan lukisan seperti itu (lukisan tertua Sulawesi) sebelumnya.

Adam dan timnya sudah mengunjungi ratusan situs seni cadas di wilayah tersebut, tapi belum pernah ada yang menggambarkan adegan perburuan. Demikian dikutip dari jurnal Nature.

Yang bikin keren, lukisan tertua ini menggambarkan manusia setengah hewan (therianthrope) yang digambarkan punya buntut dan moncong!

Ini membuktikan kalau manusia prasejarah di Sulawesi sudah bisa menangkap hal-hal yang tak teraba di alam dunia alias dunia magis.

Lebih jauh lagi, Adhi Agus Oktaviana, menegaskan,”Pemburu yang ada di dinding Gua Leang Bulu Sipong 4 berupa sosok sederhana dengan tubuh seperti manusia dengan kepala atau bagian tubuh lainnya berasal dari burung, reptile dan spesies khas Sulawesi lain.” Demikian dari situs Arkenas.

Adhi sendiri adalah tim peneliti yang bekerja di Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas).

Wuih, lukisan tertua ada di Sulawesi, di Negeri Nusantara ini!

Keren, kan!

 

 

 

O.J.
Sumber: Vice

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here