Gerakan Peduli Alam Natur Green Action Semangat Perangi Sampah Plastik

0
28
Dok. Mahligai-Indonesia

Ancaman paling nyata pada alam makin bertambah. Bukan lagi polusi udara, tapi kini sampah plastik menyeruak. Natur Green Action pun membahana. Apa itu?

 

Ekosistem laut dan terumbu karang menjadi rusak dan itu sekaligus merusak hutan mangrove! Itulah yang terjadi jika ancaman polusi paling anyar, sampah plastik, tak dibendung.

Rusaknya ekosistem laut pastinya memicu terjadinya erosi dan abrasi.

Untuk itu Natur Green Action diadakan. Gerakan peduli alam ini dimotori Natur Hair Care yang bekerjasama dengan Kemangteer dengan mengadakan penanaman bibit mangrove. Hutan mangrove sendiri memang bisa melindungi masyarakat dari bahaya gelombang air laut, abrasi, erosi dan efek buruk lainnya.

Dok. Mahligai-Indonesia

Lalu apakah gerakan ini diadakan karena sedang ramai dan semangat-semangatnya kampanye Go Green?

Nyatanya tidak.

Karena kegiatan Natur Green Action ini sudah diadakan sejak 2014 yang memang berkolaborasi dengan Kemangteer. Dengan melakukan aksi nyata penanaman mangrove di beberapa spot negeri nusantara ini.

Di 2014, penanaman mangrove dilakukan di pantai utara Pulau Jawa. Lalu di 2015, pembersihan sampah botol plastik di Puncak. Di 2016, penanaman mangrove sebanyak 15 ribu dilakukan di Pantai Muara Indah Deli Serdang di Pantai Demak dan Pantai Serang.

Dok. Mahligai-Indonesia

Lalu di 2017, diadakan gerakan membersihkan sampah plastik dan botol plastik di Taman Mini. Dan akhirnya pada tahun ini, kegiatan dilakukan tepat di jantung ibukota Jakarta, dengan membersihkan sampah plastik dan botol-botol plastik di area Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman.

Tentu saja kegiatan ini meski diadakan secara periodik bisa mengingatkan dan mengajak semua orang untuk menjaga lingkungan dan yang paling utama ‘mendidik’ diri sendiri untuk tidak membuang plastik sembarangan.

‘Mendidik’ diri sendiri ini juga bisa berupa tidak sering menggunakan kantung plastik saat berbelanja makanan dan tidak memakai gelas plastik saat minum kopi di saat santai.

Paling terlihat adalah banyaknya orang yang masih menggunakan atau membeli kemasan air mineral plastik.

Solusinya, tentu saja simpel: rajin membawa botol minum sendiri dari rumah saat bepergian terutama saat pergi ke tempat aktifitas dan lain-lain.

Yuk, jaga nusantara ini agar tetap hijau!

 

 

Ssst, serunya, kegiatan Natur Green Action ini juga dilakukan peluncuran kembali Natur Hair Tonic dalam kemasan baru, agar bisa menyuburkan rambut dan mengurangi kerontokan!

Keren, kan?

 

Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here