Pesona Feminin yang Klasik dan Simpel pada Koleksi Terbaru Biyan

0
38

DESAINER kenamaan tanah air, Biyan Wanaatmadja, kembali mengeluarkan koleksi teranyarnya dalam sebuah pagelaran tunggal yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018). Sebanyak 125 busana siap pakai menjadi jajaran busana Spring-Summer 2019 dan ditampilkan oleh 55 model. Peragaan yang terselanggara atas kerjasama dengan BNI dan JD.ID ini juga menjadi pengingat 36 tahun Biyan berkarya dalam dunia mode Indonesia.

Desainer lulusan The London College of Fashion, London, Inggris tersebut mengungkapkan, koleksinya kali ini terinspirasi dari hobinya berkunjung ke museum. Menurutnya, menghilang di museum akan memungkinkan kita untuk bisa belajar bagaimana kesungguhan, cinta, dan keyakinan dari hati dapat menciptakan karya-karya indah yang tak lekang oleh waktu.

Tidak hanya itu, Biyan juga mengaku terpesona dengan lukisan realis karya pelukis asal Rusia, Ivan Kuzmich Makarov. Lukisan tersebut menggambarkan kecantikan perempuan yang simpel dan klasik, serta memberikan makna mendalam di hati Biyan. Gambaran kecantikan inilah yang kemudian tertuang dalam pilihan busana dengan tampilan lembut, feminin dan ringan.

Pilihan palet warna yang Biyan pilih merupakan dominasi warna-warna lembut yang terdapat dalam lukisan khas Makarov, seperti warna netral, gradasi putih, nude, beidge, pink, serta soft scarlet. Selain itu, ada pula warna-warna bold seperti hitam, hijau, biru tua, dan merah marun.

Koleksi didominasi dengan siluet oversized dalam potongan a-line gown, puffed sleeves dan drapery. Ada pula gaun bergaya kaftan dan baby-doll dengan permainan motif-motif floral dan detail tiga dimensi yang memesona. Sedangkan bahan yang ia eksplore kali ini mulai dari katun, sutra, tulle, sulaman, hingga sutra cetak.

“Banyak sekali bahan yg lembut, seperti lace, sutra, sulaman, organza, bahan yg berbeda gramasinya. Bahan-bahan tersebut harus dieksplore kembali. Jadi, meski ketebalannya berbeda tapi jatuhnya harus sama, “ ungkap Biyan di sela konferensi pers menjelang show.

ELSA FATURAHMAH

 

LEAVE A REPLY