Wah! Ada Pojokan Seni-Budaya Sunda di Inggris

0
46

Siapa sangka kalau seni budaya Sunda punya sebuah pojokan yang letaknya justru di luar Negeri Nusantara ini? Ya, Seni Budaya Sunda ini ada di Inggris!

Akhirnya kekayaan budaya negeri ini bisa dipersembahkan keeksisannya untuk orang lain. Itu diawali dengan Seni Budaya Sunda yang kini hadir di Inggris!

Sebenarnya hadirnya pojokan atau sudut seni budaya Sunda ini sudah ada sejak pertengahan tahun ini, tepatnya di 20 Juli 2019. Letaknya sendiri ada di South Hill Park Arts Center (SHPAC), Bracknell.

Peresmian SHPAC sendiri dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan menyerahkan perangkat seni musik, seperti angklung, tarawangsa, degung dan beberapa pasang pakaian adat Sunda. Semuanya ini diberikan ke Dirut SHPAC, Craig Titley.

Dalam kesempatan tersebut, Craig Titley, menyampaikan kalau SHPAC merasa terhormat menjadi tuan rumah bagi pengembangan seni budaya Sunda di Inggris.

Tak hanya simbolisasi penyerahan alat-alat musik dan pakaian adat saja, peresmian pojokan seni-budaya Sunda ini juga meriah.

Pagelaran degung Sekar Enggal digelar dengan meriah. Pagelaran degung dengan pimpinan Simon Cook ini diramaikan tembang Sunda yang dibawakan Hendrawati Ashworth. Lalu ada gelaran pertunjukan Wayang Goleh oleh Arif Ashworth.

Kurang seru?

Wah, masih ada Tari Topeng dan Jaipongan, loh!

Ini dibawakan oleh Citra Resmi yang diiringi gamelan dari Kyai Fatahillah pimpinan Iwan Gunawan.

Pasti banyak yang bertanya-tanya ‘Kok pojokan Seni Budaya Sunda-nya adanya di Bracknell saja? Kenapa nggak di kota lain di Inggris?’

Alasannya, karena pusat seni dan pertunjukan di Bracknell ini tiap tahun rajin adakan kurang-lebih 200 pertunjukan dari berbagai genre, yang dikunjungi tak kurang dari 200 ribu orang per tahunnya.

Kehadiran pojokan Seni Budaya Sunda ini juga ada karena inisiatif Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London. Demikian dijelaskan Craig Titley, dikutip dari Good News from Indonesia.

Adam M.Tugio sebagai wakil Dubes KBRI London sendiri menyatakan pihak KBRI akan terus memfasilitasi setiap inisiatif yang akan mengokohkan kerjasama kedua negara.

“Diplomasi kebudayaan merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk bisa masuk ke dalam kerangka besar diplomasi negara. Seni-budaya Sunda di Inggris telah menjadi bagian dalam setiap upaya KBRI London dalam merajut kekuatan diplomasi itu sendir,” paparnya.

 

 

O.J.

Sumber: goodnewsfromindonesia

Foto: KBRI London

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here