Rancangan SMK Kudus Berhasil Digelar Fashion Show “La Mode” Sur La Seine à Paris

0
33

Kreasi rancangan dua siswa SMK NU Banat Kudus berhasil tampil di ajang fashion skala internasional “La Mode” Sur La Seine à Paris yang diadakan Indonesian Fashion Chamber (IFC) di Paris, 1 Desember 2018, lalu.

Dengan bendera ZELMIRA, kedua siswa SMK yang mengambil jurusan Fashion Design, FItria Noor Aisyah dan Farah Aurellia, menampilkan koleksi Pre-Fall/Winter 2019. Koleksi yang diusung bertema ‘Troso Nimbrung’ yang total berjumlah 24 rancangan yang terbagi menjadi 12 modest fashion dan 12 busana konvensional.

Yang membuat rancangan mereka unik adalah sentuhan material dari kain Nusantara yang disemat. Ya, koleksi Zelmira memakai tenun Troso yang dipadukan dengan material seperti katun dan poly suiting. Ini tentu saja untuk memenuhi harapan agar bisa diterima para buyer Eropa.

Rancangan unik rasa etnik dari Kudus di Paris

Alasan lain menggunakan tenun Troso adalah karena jenis tenun ini dinilai paling menunjang, apalagi jika diproduksi secara massal. Tenun Troso sendiri memiliki motif hasil pengembangan yang variatif, didukung jumlah pengrajin yang cukup banyak dan proses pembuatan lebih cepat serta harga lebih terjangkau.

Lalu bagaimana dengan SMK dari Kudus lainnya?

Nah, untuk masalah make up, Zelmira bekerjasama dengan siswa SMK PGRI 1 Kudus jurusan Tata Kecantikan untuk mendadani para model. Ini guna menguatkan konsep koleksi ‘Troso Nimbrung’. Dua siswi SMK yang mengurus tata rias ini adalah Fiya Triani dan Lolita Delarosa.

Rancangan menawan hasil karya anak Nusantara ini berhasil tampil di kancah internasional

Baik SMK NU Banat Kudus dan SMK PGRI 1 Kudus sendiri adalah dua dari 16 SMK binaan Djarum Foundation. SMK NU Banat Kudus sendiri meraih predikat sebagai rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Busana (Fashion) di Indonesia, sedangkan SMK PGRI 1 Kudus terpilih sebagai rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Kecantikan yang memiliki mutu pendidikan dan fasilitas penunjang seperti ruang spa dan studio make up terbaik di Negeri Nusantara Indonesia ini.

Tentu saja unjuk giginya dua SMK ini di dunia internasional menunjukkan slogan ‘SMK Bisa, SMK Hebat!’ bukan sekadar slogan saja.

Salut!

 

 

Penulis: Orlando

Foto: IFC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here