Tujuh Kreasi Olahan dari Bahan Ubi Ungu

0
51
talam ubi
Kreasi Talam Ubi - Instagra, | teh_yanithea.

Ubi kerap dijadikan bahan baku pembuatan makanan ringan. Mulai dari yang sederhana seperti ubi goreng dan rebus hingga panganan berkuah seperti biji salak. Nah, bila Anda bosan mengolah ubi merah menjadi sebuah kudapan, mengapa tidak bereksperimen dengan ubi ungu?

Konon, selain memiliki warna ungu pastel yang cantik, ubi ungi juga punya khasiat berlimpah untuk kesehatan. Salah satunya adalah memiliki kandungan anti oksidan yang mampu mencegah penyumbatan dalam saluran darah sehingga mencegah serangan jantung.

Selain itu, ubi ungu juga mengandung zat antikanker karena kandungan zat aktif selenium dan iodine. Mengonsumsi ubi ungu pun bermanfaat sebagai antibakteri, obat rematik dan memberi perlindungan pada hati dan jantung.

Sedangkan dari segi rasa, ubi ungu juga tak kalah nikmatnya. Agar Anda semakin semangat saat menyantap ubi ungu, berikut ini kami rangkum beberapa kreasi olahan berbahan dasar ubi ungu.

1. Talam Ubi Ungu

Dengan ukurannya yang mungil talam ubi ungu mungkin bisa langsung habis dalam sekali telan. Anda tidak mesti khawatir dengan jumlah kalorinya, gunakan low flat agar rasa talam ubi tetap terasa manis.

2. Donat

Selama ini mungkin Anda hanya mengenal donat dengan bahan dasar donat. Padahal, Anda bisa membuat donat dengan bahan baku ubi ungu. Rasa donat berbahan ubi ungi ini juga tak kalah lezat dari bahan lainnya. Donat dari ubi ungu paling pas menjadi camilan penunda lapar yang mengenyangkan.

3. Nasi Ungu

Anda mungkin merasa asing dengan nasi berwarna ungu. Namun keunikannya pasti membuat Anda penasaran untuk mencicipi olahan ini.

4. Bubur Biji Salak Telo Ungu

Tahukan kalau biji salak bukanlah benar-benar berbahan dasar ‘biji salak.’ Kuliner yang populer muncul dalam bentuk kolak biji salak ini amat lezat disantap baik dalam keadaan panas maupun dingin dengan campuran es batu. Tambahkan santan bila Anda ingin kuliner ini terasa lebih gurih.

5. Jus Ubi Ungu

Jus dari ubi mungkin terdengar aneh. Namun selain warna ungunya yang eksotis ternyata rasa jus ubi ungu juga terasa enak dan menyegarkan lo. Coba aplikasikan jus ubi ungu dengan smoothie dari yughurt agar terasa segar dan menyehatkan.

6. Burger Es Krim

Bentuknya seperti burger biasa namun bila dilihat lebih seksama, burger ini tidak hanya berisi daging saja. Di dalam burger bisa ditambah es krim berbahan ubi ungu. Perpaduan rasa roti dan daging tampak sempurna dengan dinginnya es krim ubi ungu.

7. Bolu Ungu

Teksturnya yang lembut akan membuuat Anda ketagihan. Bila kurang menarik, tambahkan mini chocolate di atasnya atau hias sesuai keinginan.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

 

 

LEAVE A REPLY