Ini Dia! 3 Oleh-Oleh Khas Nusantara Mudah Dibawa dan Mantul Banget

0
57

Suka plesir dan jalan-jalan keliling nusantara? Dan suka malas banget pas dititipin oleh-oleh? Hahaha! Tenang. Bagaimana dengan 3 oleh-oleh khas Negeri Nusantara ini?

Ya, jalan-jalan alias traveling atau plesiran pergi ke area-area wisata Negeri Nusantara ini memang sangat menyenangkan.

Terlepas tiket pesawat domestik saat ini mahal (Aduh!), siapa yang nggak tergoda untuk plesir ke Raja Ampat dan daerah-daerah seru lainnya di nusantara ini!

Selain tiket yang mahal, bayar bagasi juga nggak murah. Makanya kebanyakan dari banyak orang suka ogah dititip oleh-oleh yang banyak dan oleh banyak orang pula. Hehehe…

Tapi tenang, oleh-oleh itu sebenarnya nggak selalu bikin ribet. Ada juga kok oleh-oleh yang mudah banget dibawa.

Misalnya…

 

Gulai

Ya, kita bicara tentang makanan yang tak pernah absen dari meja makan rata-rata kebanyakan orang Indonesia. Terutama pas hari raya Lebaran dan acara-acara khusus tertentu.

Gulai biasanya disanding dengan ayam. Meski ada daging hewan lainnya yang bisa dipakai, seperti kambing, ikan dan sapi, tapi ayam tetap jadi ‘idola’ sebagai asupannya.

Kedengaran saja bikin lapar, apalagi lihat gambar gulai pasrah seperti ini, ya!
(Foto: royco.co.id)

Gulai sendiri masuk sebagai makanan khas negeri ini yang berasal dari Pulau Sumatera. Apalagi kalau bukan dari bumbunya yang wah banget itu!

Semua orang dari luar Sumatera memang bisa bikin gulai, tapi kalau bicara bumbu tentu saja yang asli dari Sumatera tetap beda. Jadi, kenapa juga nggak bawa bumbu gulai dari sana?

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Alat Masak Tradisional, Cobek

Pempek

Siapa yang nggak suka pempek? Apalagi kalau kamu sudah pernah coba pempek yang berasal dari Palembang, hmmmm… Pasti nagih lagi untuk icip-icip bahkan mencaploknya tanpa ampun! Hahaha!

Duh! Yang mulutnya sudah pernah ‘kena’ pempek asli Palembang pasti nagih, deh… (Foto: goodindonesianfood)

Tentu saja, meski sudah banyak dijual di luar pulaunya sendiri, pempek dan bumbu racikan asli Palembang tetap yang juara. Apalagi kalau bukan komposisi telur, bawang putih, penyedap rasa dan garam yang beda rasa banget dengan pempek yang ada di luar Palembang!

Baca juga Wow! Ini Kesegaran 9 Aneka Soto Negeri Nusantara

Sambal

Nah, kalau yang satu ini benar-benar nggak bisa ketinggalan di nyaris tiap piring orang Indonesia!

Bahkan mereka yang sudah tinggal di luar Indonesia pun kerap balik lagi ke negara mereka atau coba titip ke saudara atau teman mereka agar dibawakan dari sini ke sana. Hehehe…

Siapa yang berhasil menangkis godaan rasa sambal? (Foto: Nyonya Cooking)

Sambal khas Negeri Nusantara ini memang terkenal dengan cita rasa pedas dan nikmatnya!

Plus, tiap-tiap daerah dan pulau di Indonesia punya berbagai macam jenis sambal yang berbeda. Ada sambal terasi, sambal kecap, sambal manis, sambal tomat, sambal jeruk, sambal setan…. Wuih!

 

 

 

 

 

O.J.

Various sources

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here