Wuih! 5 Menu Kuliner Sedap Maksimal Ini Wajib Cicip di Yogyakarta

0
38
Foto: idntimes

Ingin berlibur atau mungkin memiliki tugas business trip ke Yogyakarta? Jangan lupa mencicipi makanan kuliner khas Yogyakarta ini. Seperti …

 

#1  Gudeg Nangka

Gudeg nangka sesuai namanya memang sajian kuliner khas Yogya yang terbuat dari nangka. Tepatnya, nangka muda, yang biasanya dimasak berbarengan dengan gula merah dan santan.

Foto: 1.bp.blogspot

Asyiknya, ada sebagian penjual gudeg yang masih mengolahnya dengan cara tradisional, yaitu memasak dengan kuali tanah liat. Tentu saja itu mengangkat rasa yang berbeda!

 

#2  Ayam Goreng Kalasan

Suka dengan ayam goreng? Pastinya suka dengan Ayam Goreng Kalasan. Aslinya menu kuliner satu ini adalah menu ayam goreng khas dari Sleman, Yogyakarta.

Foto: bukumasakan

Satu poin yang membuat ayam goreng ini unik adalah rasanya yang gurih dan bumbu kremesnya yang sangat khas. Notabene, menu ini jadi menu wajib siapapun yang bertandang ke Yogyakarta.

 

Baca juga: 5 Aturan di Jogja yang Kalau Dilanggar Bisa Bikin Merinding!

 

#3  Sate Klatak

Para penyuka sate pastinya wajib melahap menu kuliner khas dari Bantul ini. Yang bikin beda sate ini adalah cara meraciknya yang tak seperti meracik sate lain.

Foto: 1.bp.blogspot.com

Sebenarnya cara meraciknya sederhana, cukup dibumbui garam saja baru setelah itu dipanggang! Keunikan lainnya, tusuk satenya terbuat dari besi jeruji sepeda. Sehingga kematangan panggangannya hingga ke dalam daging karena besi jeruji adalah penghantar panas yang baik. Unik, kan?

 

#4  Sayur Lombok Ijo

Meski ada kata ‘Lombok’ pada nama menunya, menu kuliner ini adalah menu khas dari Gunung Kidul. Kuahnya pun berbeda dengan menu sayuran lainnya.

Foto: masakapaya

Ya, kuahnya terbuar dari santan tapi terasa begitu pedas. Maklum saja, karena racikannya terdiri dari cabe hijau, cabe rawit, kacang panjang, tempe kedelai dan tentu santan kelapa.

 

Baca juga: Mengenal Batik Yogyakarta dan Budaya Pemakaiannya

 

#5  Bakmi Jawa

Rasa bumbu dan kuahnya yang begitu legit tapi halus benar-benar membuat sajian kuliner Yogyakarta satu ini begitu menyegarkan.

Foto: reddoorz

Maklum, bakmi satu ini dimasak dengan cara tradisional, yaitu dengan tungku tanah liat dengan bahan bakar arang. Untuk memunculkan rasa yang pas, pemasaknya terbiasa memasaknya satu persatu tiap porsinya. Keren, kan?

 

Siap melahap menu kuliner Yogyakarta yang mana dulu, nih?

 

 

 

OJ (berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here