Sembilan Oleh-Oleh Kuliner Solo yang Sering Diburu Orang

0
160

BERKUNJUNG ke kota Solo pastinya membawa kenangan indah yang tidak terlupakan. Apalagi jika ke sana sambil menikmati liburan bersama dengan pasangan. Tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh makanan khas kota Solo.

Lantas oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa dari kota yang sarat dengan tradisi budaya Jawa yang kental tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Intip
Panganan yang terbuat dari kerak nasi yang melekat pada panci ini sudah sangat terkenal di Solo. Kerak nasi yang kemudian dijemur di bawah sinar matahari terik itu dan kemudian digoreng setelah kering memiliki rasa yang renyah. Biasanya intip memiliki rasa gurih, asin dan manis karena ada tambahan karamel gula jawa di atasnya

Mencari intip relatif lebih mudah karena banyak pusat oleh-oleh di Solo. Harganya cukup murah berkisat antara Rp.5.000 hingga Rp.10.000. Meski demikian ada juga intip yang dijual sampai Rp.15.000

2. Ampyang
Ampyang atau gula kacang adalah camilan kacang yang enak. Camilan ini terbuat dari kacang, gula merah dan jahe. Rasanya sudah pasti manis dan gurih. Harganya berkisar Rp 4.000 hingga Rp 15.000, tergantung dari ukurannya.

3. Serabi
Kue Serabi Solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip panekuk. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan mesis dan keju bila suka.

Bentuk Serabi Solo menyerupai pancake yaitu sama-sama bulat dan sedikit cekung, hanya bedanya adalah Serabi Solo lebih tipis dan pinggirnya ada tepung tipis kering yang mnyerupai kulit kayu. Rasanya manis gurih dan sangat lembut. Harga kue serabi ini adalah Rp 1.800 untuk kue serabi original. Sedangkan yang serabi coklat harrganya Rp 2.000.

3. Roti Kecik Ganep
Roti Kecik Ganep adalah roti yang diolah menggunakan tepung ketan. Rasa Roti Kecik Ganep ini manis dan gurih, bisa bertahan lama sehingga cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Roti Kecik Ganep ini sangat cocok dikonsumsi dengan teh hangat saat Anda sedang bersantai. Roti kecik saat ini dijual dengan berbagai ukuran kemasan, mulai 45 gram hingga yang terbesar 600 gram. Untuk harga, kisaran harga dari Rp 5.000 hingga Rp 57.000.

4. Abon Mesran Solo
Makanan yang terbuat dari olahan daging ayam atau daging sapi ini punya rasa yang manis. Abon sangat pas dimakan bersama dengan nasi hangat atau saat makan nasi goreng. Harga jual satu bungkus abon sekitar Rp 35.000

5. Rambak Petis
Makanan khas dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering ini cukup menggoyang lidah. Apalagi jika dimakan bersama dengan petis rasanya lebih gurih dan pedas. Untuk mencari rambak petis bisa datang ke Kampung Jagalan, RT 01/11, Jebres, Solo.Bagi yang membeli sekedar untuk oleh-oleh dengan jumlah kecil, tersedia rambak 50 gram dengan harga Rp6.400 dan ditambah Rp1000 jika memakai petis.

6. Brem Solo
Camilan brem terbuat dari olahan ragi air tape. Bentuk makanan ini adalah kepingan padat dengan rasa yang masam, dingin dan lumer di mulut. Mencari brem sangat mudah karena hamir di sudut kota Solo menjual brem.

7. Klengkam
Sebutan untuk kering kentang yang diberi rempah-rempah sehingga memiliki rasa yang begitu nikmat ketika disajikan sebagai pelengkap makan. Sangat mudah di temukan di pusat oleh – oleh Solo.

8. Serbat Jahe
Minuman olahan jahe dan rempah – rempah tradisional kota Solo, yang menarik Anda tidak harus membelinya dalam bentuk siap minum melainkan tablet. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh dan pas untuk disajikan ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh.

9. Serundeng
Selain dari bahan kelapa yang diparut, serundeng juga bisa dibuat dari bahan daging yang disuwir. Proses pembuatannya sama hanya rasanya yang berbeda. Rasa serundeng gurih dan sangat pas dimakan bersama dengan nasi yang hangat.

ALI IMRON H | TR

LEAVE A REPLY