Aneka Jajanan Tradisional di Solo yang Patut Dicoba

0
44
Instagram | yusantaavi

Berburu kuliner sudah pasti menjadi rangkaian kegiatan wajib saat berkunjung ke suatu daerah. Apalagi jika Anda berkunjung ke kota Solo. Sebagai tujuan wisata di Jawa Tengah, Kota Solo layak disebut populer. Daerah  yang juga disebut Surakarta ini memiliki magnet dan pesona tersendiri untuk dikunjungi.

Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk berburu aneka jajanan khas asal kota ini. Cita rasa kuliner yang didominasi rasa manis ini pasti bikin lidah ketagihan. Jasi, siapkan diri (juga perut Anda tentunya) untuk mencicipi aneka hidangan ringan khas Solo, seperti berikut ini.

Wedang Ronde

Memasuki musim penghujan seperti saat ini, paling pas bila menyantap camilan yang memberi sensasi hangat, seperti wedang ronde. Rahasia kehangatan wedang ronde ada pada jahe yang digunakan sebagai bahan baku utama. Kemudian, air jahe manis ini dicampur dengan bulatan ketan berukuran kecil berisi enting-enting kacang tumbuk, tambahan irisan kolang-kaling, dan kacang sangrai.

Biasanya wedang ronde disajikan dalam sebuah mangkuk kecil berwarna putih yang bentuknya khas mangkuk tempo doeloe. Saking populernya wedang ronde, Anda pun bisa menemui menu ini di luar kota Solo.

Kroket solo

Sekilas bentuknya memang hampir mirip dengan kroket lain. Namun uniknya, kroket solo berukuran lebih kecil, tekstur yang lebih padat dan penyajiannya yang dilengkapi dengan irisan keju dan irisan mentimun jepang sebagai hiasan.

Gempol Pleret

Berbeda dengan wedang ronde yang amat populer, gempol pleret tergolong sudah mulai sulit dijumpai. Bahkan di kota asalnya pun hanya ditemui di tempat-tempat tertentu. Jadi bagi Anda yang ingin mencicipinya perlu sedikit perjuangan untuk mencicipi minuman ini.

Gempol pleret terdiri dari bulatan-bulatan tepung beras seukuran ibu jari orang dewasa. Untuk penyajiannya, bulatan dari tepung beras yang sudah dimasak ini kemudian diguyur dengan kuah santan yang beraroma wangi daun pandan dan dikucuri gula merah cair. Rasanya? Sungguh sedap, apalagi dinikmati dengan campuran es batu dan diminum saat cuaca sedang panas.

Aneka Jenang

Jenang adalah istilah bubur dalam bahasa Jawa. Jenis makanan ini bertekstur lembut dan terasa gurih manis. Meski tidak mudah ditemukan di sembarang tempat, aneka jajanan jenang bisa dipesan secara khusus dengan rasa tetap terjaga keaslian dari kelezatannya. Aneka jenang yang menjadi pilihan antara lain, jenang sum-sum, jenang grendul, jenang ketan ireng, jenang pathi, dan jenang mutiara.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia.

LEAVE A REPLY