5 Keunikan Belalang Goreng Makanan Tradisional Yogyakarta

0
123
Foto: labirutour

Belalang dimakan? Ya, lebih tepatnya Belalang Goreng atau sebut saja BeGor, ini memang jadi menjadi santapan di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Masalahnya: apa enaknya? Dan apa manfaat sehatnya?

Jika daging kelinci, tentu saja sudah jadi menu makanan lumrah. Atau tikus hutan yang mungkin agak sedikit ekstrim. Tapi ini, belalang? Bagaimana mungkin bisa jadi makanan yang dilahap mulut?

Masalahnya, dagingnya saja nggak ada alias cenderung tipis. Malah lebih tebal kerupuk daripada fisik seekor belalang, bukan?

Tapi suka-tak suka, begor memang sudah jadi makanan tradisional khas yang sangat terkenal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Begor alias Belalang Goreng sendiri tentu saja punya bahan dasar belalang. Dan herannya, makanan ini disebut-sebut sebagai makanan lezat dan bergizi. Kok bisa, ya?

Yuk, cekidot poin-poin begor alias Belalang Goreng:

 

#1  Belalang Kayu

Tentu saja nggak sembarang belalang bisa dilahap mulut sebagai begor. Karena biasanya masyarakat Gunung Kidul memakai belalang kayu sebagai bahan untuk membuat belalang goreng ini.

Belalang kayu ini banyak ditemukan di ladang dan sawah. Khususnya di pohon-pohon. Jadi memang murni konsumsi makanan mereka sendiri terbilang ‘vegetarian’ – jadi aman lah, ya!

 

#2  Beraneka Cara Masak

Jangan salah, meski secara tampilannya ‘ringkih’, belalang bisa diolah lewat berbagai variasi masak. Misalnya saja, bisa diolah dengan cara digoreng, lalu digoreng dan dibacem atau dengan cara yang klasik (layaknya orang dulu) yaitu dibakar!

Jadi nggak heran kalau begor kerap jadi lauk-pauk untuk makanan sehari-hari masyarakat Gunung Kidul.

 

Foto: wisataku

 

Baca juga:

5 Fakta Seru Es Selendang Mayang Asal Betawi Ini Legit

 

#3  Cara Pengolahan

Cara pengolahan belalang sebelum dimasak atau digoreng terbilang seru. Belalang yang sudah ditangkap, dihilangkan kaki dan sayapnya. Lalu kotoran bagian dalam perutnya juga dibersihkan. Setelah bersih, dicuci lagi hingga bersih dan dicampur dengan bumbu. Barulah setelah itu dibumbui dan digoreng.

 

#4  Dua Jenis Menu Belalang Goreng

Ya, Belalang Goreng bisa disajikan dalam dua jenis sajian makanan. Satu bisa sebagai Belalang Goreng Gurih dan satunya lagi jadi Belalang Goreng Bacem. Dari nama saja sudah beda, apalagi rasanya. Belalang Goreng Gurih jelas terasa gurih, sedangkan Belalang Goreng Bacem punya rasa khas, rasa manis.

 

Baca juga:

Slrrrp! Siapa Sangka Bika Ambon Nan Lezat Berasal dari Medan Sumatera Utara

 

#5  Ekstrim Tapi Bergizi

Makanan unik yang berasa krenyes ini meski ekstrim tapi ternyata punya kandungan gizi tinggi. Kandungan kadar kolestrol dan lemaknya pun rendah, jadi aman dikonsumsi. Tapi tentu saja, tiap-tiap orang punya tingkat kondisi metabolisme tubuh berbeda-beda. Jadi mereka yang belum pernah melahapnya biasanya akan gatal-gatal alergi. Untuk itu minum kopi hitam tanpa gula jadi solusinya.

 

 

 

O.J.

Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here