Deretan Oleh-Oleh Lezat Khas Manado yang Wajib Dicoba

0
32
Makanan Khas Manado - Oleh-oleh Khas Manado
Instagram/ bakudapa_panada

TERKENAL karena spot diving-nya yang indah, Manado kerap dijadikan destinasi wisata, Taman Laut Bunaken misalnya. Namun Manado sebenarnya tidak hanya memiliki potensi di sektor wisata, tetapi juga dikenal dengan ragam makanan khasnya yang bercitarasa unik dan lezat. Berikut oleh-oleh yang harus Anda coba jika berkunjung ke Manado:

Klappertaart

Kue ini merupakan bentuk asimilasi antara negeri Belanda dengan Indonesia. Ya, kue yang memiliki arti tart kelapa ini sebenarnya makanan khas Belanda, namun telah mengalami perubahan cita rasa sesuai dengan lidah orang Manado. Klappertaart kerap menjadi favorit karena teksturnya yang lembut dan memiliki rasa manis yang nikmat. Sayangnya kue ini hanya bisa bertahan hingga 12 jam saja. Itu juga jika disimpan di wadah yang rapat bersuhu dingin. Jadi pikirkan baik-baik jika ingin membawa kue ini sebagai buah tangan.

Halua Kenari

Makanan khas Manado saat ini berbahan utama kacang kenari yang dilapisi gula merah. Halua Kenari sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh. Sangat cocok jika disantap sebagai cemilan ditemani kopi atau teh.

Panada

Panada menjadi makanan populer berikutnya. Kue yang berbentuk menyerupai pastel ini biasanya diisi dengan adonan ikan cakalang yang dibumbu panpis, yakni ikan cakalang yang dimasak bersama bawang merah, kemangi, cabe merah, daun jeruk dan daun bawang.

Kacang Goyang

Camilan ini sering dijadikan kudapan di acara hajatan masyarakat Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom yang dibalut terigu dan dilumuri gula. Kacang goyang biasanya tampil dengan berbagai warna yang cantik. Nama kacang goyang sendiri diambil dari proses pembuatannya yang digoyang-goyangkan.

Dodol Amurang

Indonesia memang memiliki variasi dodol yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya dodol amurang dari Manado. Terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, santan murni, kacang dan kayu manis, dodol ini banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol Amurang biasanya dibungkus dengan daun kelapa sebelum dikukus.

Cakalang Fufu

Apakah Anda penggemar makanan pedas? Kalau begitu Anda harus mencicipi makanan khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang yang mengalami proses pengasapan ini. Nah, fufu merupakan sebutan untuk proses pengasapan bagi masyarakat Manado. Di Pelabuhan Nelayan Bitung, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan lezat ini.

Sambal Roa

Sambal khas Manado ini memiliki cukup banyak penggemar karena terkenal enak, lho. Sambal roa terbuat dari ikan roa yang telah diasapi, kemudian dialuskan dan dimasak bersama bumbu dan minyak. Sangat lezat jika dimakan bersama nasi panas. Kalau di Manado, sambal roa biasa disantap dengan bubur Manado.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY