Kenapa Cukup Makan 3 Buah Kurma Saja Pas Berbuka Puasa?

0
13

Buah kurma memang jadi primadona di bulan Ramadan. Tapi kenapa jika kurma punya banyak khasiat, kita hanya boleh memakannya 3 buah saja pas berbuka?

Pohon kurma adalah tumbuhan yang paling banyak tumbuh di daerah berpadang pasir. Jadi gak heran kalau kurma adalah buah yang jadi kebutuhan pokok sejak bertahun-tahun lamanya.

Pohon kurma tak hanya punya manfaat dari buahnya saja. Asal tahu saja, batang kurma pun punya manfaat banyak. Seperti untuk materi atap rumah, tikar dan pondasi rumah.

Kok bisa seperti itu ya manfaat pohon kurma dan semua bagiannya?

Ya, jangan salah. Selain itu semua, pelepah kurma tak hanya bermanfaat sebagai atap rumah, tapi juga bisa dipakai sebagai tikar untuk menutupi mumi. Ini diketahui dari penelitian para ilmuwan purbakala di makam Mesir kuno.

Lalu darimana asal Pohon Kurma? Kenapa dia hanya tumbuh di daerah padang pasir saja?

 

Baca 5 Camilan Manis Khas Sumatera Ini Terasa Unik

 

Asal Pohon Kurma diyakini berasal dari daerah Teluk Persia yang sudah dibudidaya sejak tahun 4000 sebelum masehi. Pohon ini sendiri bisa tumbuh hingga 12 sampai 30 meter. Dan serunya satu pohon kurma hanya bisa menghasilkan buah kurma hingga 100 kilogram.

Seperti yang tadi sudah disebut, kurma menjadi buah yang lekat dengan bulan Ramadan.

Kok bisa?

Selain karena kurma tumbuh di daerah Timur Tengah yang kaya peradaban Islam, kurma memiliki deretan manfaat sebagai buah untuk berbuka puasa.

 

Baca Awas! 5 Menu Kuliner Khas Bali Ini Slrrrp Banget

 

Kandungan zat-zat yang dikandung kurma mengandung gula jadi hanya butuh beberapa menit saja untuk diserap ke dalam usus manusia, saat perut kosong. Ini lebih cepat prosesnya dibanding mereka yang berbuka puasa dengan makan-minum yang kurang mengandung zat gula (biasanya butuh waktu 3-4 jam diserap ke usus).

Meski punya khasiat banyak dan pas untuk asupan berbuka puasa, tapi Nabi Muhammad Rasulullah SAW menganjurkan cukup memakan tiga buah kurma saja.

Kenapa?

Bisa jadi ini karena kandungan kurma punya kalori yang tinggi. Demikian menurut goodnewsfromindonesia.id.

Ini dikuatkan dengan studi dari Kementrian Agrikultur Amerika, bahwa sebutir kurma (berat tujuh gram) punya kandungan kalori 20 kkal. Ditambah lagi kandungan gula pada satu butir kurma terbilang tinggi, 4,5 gram gula.

Jadi, ya, secukupnya saja jika ingin mengonsumsi kurma, apalagi di bulan Ramadan.

Selain itu, segala sesuatu yang berlebihan bukankah tidak baik?

 

 

 

 

OJ

Berbagai sumber / Foto: Riki Risnandar – Pexels

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here