5 Camilan Manis Khas Sumatera Ini Terasa Unik

0
39

Suka menu kuliner dari Negeri Sumatera? Pasti kamu tahunya deretan menu kuliner yang pedas-pedas saja. Jangan salah, camilan khas Sumatera beda! Seperti …

Walau dikenal dengan dominasi rasa pedas untuk jenis masakannya, nyatanya camilan khas Sumatera punya variasi rasa manis yang legit di lidah.

Sebut saja Kue Bangkit, Puding Gula Merah, Bolu Maksuba, Putri Terendam serta Lemang Srikaya.

Meskipun khas Sumatera, namun terkadang mungkin dapat menemukannya di luar daerah Sumatera.

 

Kue Bangkit

Kamu mungkin kerap menemukan jenis kue ini di berbagai daerah, termasuk di Pulau Bangka Belitung.

Kue bangkit sendiri adalah kudapan kering yang tahan beberapa lama. Ada beberapa varian rasa, seperti susu, keju atau pun jahe.

Nah, kue bangkit yang orisinal punya rasa gurih manis seperti kue sagon. Biasanya berbentuk bunga dan terdapat taburan wijen di atasnya. Jenis kue ini tidak digoreng, melainkan dibakar.

 

Puding Labu
Puding asal Sumatera Barat ini punya dua lapisan. Selain pakai gula merah, santan pun digunakan sebagai campurannya. Karena menggunakan santan inilah rasa puding tidak hanya manis, tapi juga legit.

 

Baca Biarkan Lidah Merasakan Sensasi Hangat Sedap Tongseng

 

Bolu Maksuba
Sepintas lalu, bolu ini seperti lapis legit dengan lapisan warna yang berbeda. Namun bila dicicipi, jenis kudapan ini memiliki rasa yang cenderung berat dan lebih lengket.

Ini disebabkan karena penggunaan telur yang cukup banyak. Bolu maksuba akan mudah ditemukan di beberapa daerah di Sumatera. Seperti Palembang dan Jambi. Terutama saat hari raya Idul Fitri.

 

Putri Terendam
Warnanya sangat cantik, hijau pastel. Warna ini didapat dari penggunaan pewarna makanan dan juga daun suji.

Jika diicip akan ada rasa ubi, karena memang bahan dasarnya adalah ubi. Dan bila dibelah, butiran  jagung berwarna kuning akan tampak.

Jagung ini sendiri dicampur dengan resep sriyaka. Karena itulah, aroma yang dimilikinya sangat harum.

 

Lemang Srikaya
Tak ubahnya dengan lemang asal Sumatera Barat atau wilayah Sumatera lainnya, Lemang asal Jambi ini juga dibuat dari beras ketan.

Bila hanya lemangnya saja yang dimakan, rasa yang ditimbulkan adalah gurih. Namun bila sudah mencampurnya dengan srikaya maupun saus tape, sudah tentu rasanya sedikit asam dan manis.

 

 

 

 

Tim Mahligai-Indonesia

Foto:  Dok.Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here