Tujuh Macam Olahan Nasi Khas Nusantara yang Lezat

0
72
nasi khas nusantara
Dok. Majalah Mahligai

SEBAGAI makanan pokok, kehadiran nasi tentu amat penting bagi bangsa Indonesia. Bahkan sampai muncul ungkapan, “belum makan, kalau belum makan nasi.” Begitulah orang Indonesia. Sekalipun sudah ada makanan pokok pengganti yang terkesan modern seperti olahan roti atau yang lainnya, tetap saja nasi masih jadi idola.Tak ayal, jika beberapa daerah di Nusantara memiliki beragam olahan nasi yang khas. Apa saja ya? Mari kita simak bersama!

1. Nasi Golong

Dimulai dari olahan unik nasi khas asal Desa Sukorajo, Sidoarjo, Jawa Timur. Ya, keunikan nasi golong ada pada tampilan nasi yang dibentuk bola sekepalan tangan orang dewasa. Uniknya lagi, biasanya jumlah bola nasi yang dibuat ini mengikuti jumlah anggota keluarga masing-masing. Nasi golong akan disantap bersama dengan lauk pauk berupa kering tempe, mie goreng, dan serundeng.

Nasi Golong – Dok. Majalah Mahligai

2. Nasi Kucing

Kalau kuliner yang satu ini mungkin sudah sering Anda temui di kota-kota besar seperti Jakarta. Ya, kepopuleran olahan asal Jawa Tengah dan Yogyakarta memang sudah sampai di Jakarta. Ciri khas dari nasi kucing ada pada porsi nasi yang sedikit dan tambahan sambal ikan, tempe, lalu dibungkus dengan daun pisang. Biasanya nasi kucing dijual di warung makan atau angkringan dengan harga relatif murah.

3. Nasi Tutug

Kata tutug berasal dari Bahasa Sunda yang artinya menumbuk. Nama ini mengacu pada proses pembuatan nasi yang dibuat dengan mencampur dan menumbuh nasi dengan lauk lain seperti oncom. Di Taksimalaya, olahan khas tersebut dikenal dengan nama nasi tutug oncom.

4. Nasi Bali

Nasi rames Bali, nasi campur Bali, atau nasi Bali, merupakan salah kuliner khas yang digemari oleh wisatawan. Seperti halnya nasi rames yang sering kita temui di Pulau Jawa, nasi Bali terdiri dari nasi putih dan campuran porsi kecil lauk pauk dan sayuran khas.

Untuk variasi lauk terdiri dari ayam betutu suwir, daging plecing, telor pindah, dan sambal matah. Sedangkan untuk sayuran ialah sayur lawar, panganan khas Bali ini terbuat dari berbagai bahan seperti kacang panjang dan nangka.

5. Nasi Liwet

nasi liwet – Dok. Majalah Mahligai

Olahan nasi yang berasal dari Solo dibuat dengan campuran santan kelapa yang mirip dengan nasi uduk asal Betawi. Biasanya nasi liwet akan dimakan dengan sayur labu siam dan ayam suwir. Di Solo biasanya nasi liwet menjadi menu sarapan atau makan siang.

6. Nasi Ulam Betawi

Pada dasarnya kuliner ini mendapat pengaruh Cina, Belanda, dan Jawa. Pada masyarakat Betawi, nasi ulam terdiri dari dua jenis yaitu nasi ulam kering dan nasi ulam basah. Yang membedakan kedua jenis nasi tersebut adalah taburan di atas nasi putih.

Biasanya nasi ulam kering bagian atas ditaburi serundeng sedangkan nasi ulam basah disiram dengan kuah semur tahu. Untuk berbagai lauk yang menemani ada kering tempe, telur dadar iris, dendeng daging ebi, kelapa sangria ebi, serta sambal bajak.

7. Nasi Pecel Madiun

Menu ikonik kota Madiun ini memang tidak seramai menu nasi dari daerah lain di Nusantara. Meskipun minim lauk, namun jangan ragukan kelezatannya. Yang paling khas tentu saja pecel Madiun yang terdiri dari campuran sayur mayur seperti kangkung dan tauge yang disiram bumbu kacang. Sebagai pelengkap biasanya ditambah rempeyek, tempe goreng, atau kerupuk.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY