Fakta Menarik Tentang Rendang ; Makanan Terenak Sedunia

0
54
Ilustrasi Rendang - Instagram | gerobakmakanan

Bila menyebut kata rendang, Anda mungkin langsung terbayang kuliner lezat khas Minang yang bisa kita temui dengan mudah di rumah makan Padang. Saking lezatnya, bahkan rendang pernah menjadi masakan paling enak sedunia versi CNN pada tahun 2016.

Belakangan, kuliner rendang kembali banyak diperbincangkan oleh warganet di Asia Tenggara terutama di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Pemicunya adalah juri acara kontes memasak Masterchef UK yang mengkritik rendang ayam buatan salah seorang kontestan asal Malaysia. Menurut para juri, rendang ayam yang disajikan tersebut kurang garing.

Terlepas dari pro kontra peristiwa tersebut, bagaimana jika kita mengetahui beberapa fakta menarik soal rendang. Jangan sampai kita menjadi warganet yang sibuk berkomentar, padahal tidak mengetahui sama sekali seputar kuliner ini.

Rendang Bukan Hanya ada di Indonesia

Rendang memang diketahui sudah ada di Minangkabau, Sumatera Barat, sejak berabad silam. Orang Minang biasanya menyajikan masakan ini terutama pada saat upacara perayaan besar. Sejak abad ke-16 orang Minang yang merantau membawa kuliner ini sebagai bekal perjalanan.

Kini kita bisa menemui masakan rendang di berbagai penjuru Indonesia, bahkan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. Tentu saja cita rasa rendang di tiap daerah tersebut biasanya sudah disesuaikan dengan selera lokal masyarakat setempat.

Metode Memasak yang Khas

Rendang mulanya merujuk nama teknik memasak seperti halnya merebus, menumis, atau menggoreng. Namun seiring berjalannya waktu rendang akrab disebut sebagai nama masakan.

Butuh waktu lama untuk memasak dengan teknik rendang. Hal ini karena bumbu rempah, santan pedas, dan daging yang dimasak harus diaduk hingga berjam-jam bahkan berhari-hari hingga mengering. Proses memasak rendang ini pula yang menyebabkan rendang awet dan tak mudah basi.

Sebenarnya, dalam tradisi kuliner Minangkabau terdapat tiga tahapan memasak daging dalam santan pedas yaitu; Gulai – Kalio – Rendang. Gulai dimasak dengan proses tepat ketika daging sudah matang dan santan telah mencapai titik didihnya. Jika prosesnya terus berlanjut sampai santan sebagian menguap dengan daging berwarna kecoklatan, maka Anda punya kalio. Ketika proses berlanjut berjam-jam lagi hingga cairan benar-benar menguap dan warnanya berubah menjadi coklat gelap hampir hitam, barulah Anda memiliki rendang.

Rendang Lasagna
Rendang Lasagna – Dok. Majalah Mahligai

Apa Beda Rendang Malaysia dengan rendang Indonesia ?

Sebenarnya, dari segi tampilan saja Anda sudah bisa langsung mengenali mana rendang buatan Indonesia dan rendang buatan Malaysia. Rendang Malaysia lebih mirip seperti kalio, dengan warna yang lebih terang. Berbeda dengan rendang asli Indonesia yang lebih banyak ditemui berwarna cokelat gelap hampir kehitaman.

Sedangkan dari metode pembuatan, rendang Malaysia dibuat lebih singkat dengan menggunakan kerisik parutan kelapa panggang untuk menebalkan bumbu. Sedangkan proses pembuatan rendang Indonesia memakan waktu cukup lama karena harus diaduk hingga uap santan kelapa mengering.

Beragam varian Rendang

Anda mungkin lebih akrab dengan rendang yang terbuat dari gading sapi. Padahal, ada begitu banyak varian daging rendang. Biasanya ayam atau bebek juga menjadi bahan baku rendang. Namun proses memasaknya tidak selama rendang daging sapi karena mengandung asam. Selain itu, ada pula rendang yang terbuat dari hati sepi, bahkan telur ayam  atau disebut rendang telur yang khas dari Pakambuyuh, Sumatera Barat. ()*

 

Teks. Intan Widiastuti

LEAVE A REPLY