Inovasi Telur Asin dengan Berbagai Rasa

0
60
Telur Asin
Instagram the_goodegg

Siapa yang tidak kenal telur asin? Sebagian dari Anda mungkin menjadikan penganan ini sebagai camilan favorit. Rasanya yang gurih cocok sebagai teman yang pas untuk makan nasi. Selain asin, telur asin kini juga hadir dengan rasa aneka buah, lho!

Membedakan telur asin dengan telur-telur lain cukup mudah, tinggal dilihat dari warnanya saja yaitu agak kebiru-biruan, kadang diberi cap biru tua bertuliskan “Asli” dari daerah tertentu, Brebes misalnya. Diantara ‘saudara-saudaranya’ memang hanya telur asin yang memiliki warna demikian.

Aslinya, telur asin berasal dari telur itik. Dan kualitas telur itu amat dipengaruhi oleh apa yang dinamakan oleh si itik. Misalnya itik yang diberi makan bekicot, meski dari sisi nutrisi tidak keliru, akan mengurangi kelezatan telur ketika diasinkan. Rasanya cenderung amis. Baiknya, itik diberi makan bedak, yang dicampur dengan potongan filet ataupun ikan.

Namun berbeda dengan di Indramayu, jenis itik yang menghasilkan telur berkualitas sebagai telur asin adalah itik yang mencari makan sendiri alias di-angon. Sebab dengan cara ini, itik mengkonsumsi sisa-sia padi di sawah, bukan pakan olahan yang menggunakan konsentrat.

Bagaimana pun cara memperoleh makannya, apabila sudah mendapatkan telur yang baik, langkah selanjutnya dengan merendamnya dalam larutan garam jenuh atau menggunakan adonan garam. Adonan tersebut merupakan pencampuran antara garam, abu gosok, serbuk bata merah, dan kadang-kadang sedikit kapur.

Pengasinan dengan merendam dalam larutan garam jenuh memang lebih mudah dibandingkan dengan penggunaan adonan garam. Namun hasilnya tidak sebagus cara kedua. Dengan adonan garam bisa membuat telur asil memiliki warna yang lebih bagus. Akan tetapi kedua proses ini tetap saja membutuhkan waktu yang lama, sekitar 1 – 2 minggu perendaman.

Berbicara mengenai telur asin yang berkualitas, di Indonesia Brebes merupakan kota penghasil telur asin yang terkenal. Saking terkenalnya, kota ini pun menjadi sangat identik dengan telur asin. Selain sebagai produk unggulan, selama ini produk asal Brebes bisa menjadi jaminan kemasiran suatu telur asin. Sayangnya, banyak sekali beredar telur asin Brebes palsu. Mendapatkan telur asin yang masir merupakan keinginan banyak orang. Namun tak mudah memperolehnya, bahkan lebih sering mendapatkan telur yang tidak asin bahkan terkadang kuning tidak matang. Untuk itu, agar Anda tidak kecewa ada baiknya bila memperhatikan tips berikut sebelum membeli telur asin.

Aneka Rasa

Namanya telur asin ya berarti rasanya asin. Namun berkat kemampuan berinovasi, di daerah Lampung, telur asin dengan berbagai rasa kini sudah diciptakan, misalnya rasa buah-buahan seperti durian, stroberi, mangga serta melon. Bahkan ada juga yang rasa udang. Cukup menarik, ya?

Kunci keistimewaan telur asin aneka rasa ini terletak pada pemberian ekstrak atau saripati buah-buahan. Caranya dengan menyuntikkan ekstrak buah itu ke dalam telur bebek yang telah dilumuri campuran abu gosok dan air selama 1 – 2 minggu. Setelah telur itu dibersihkan, barulah penyuntikan dapat dilakukan.

Supaya mempermudah proses penyuntikan, sebelum tahap pelumuran abu gosok, sebaiknya kulit telur diamplas terlebih dahulu agar licin dan tipis. Dengan demikian, jarum suntik bisa lebih mudah menembus kulit telur hingga ke kuningnya.

Nah, untuk ekstrak buah-buahan maupun udang sendiri bisa diperoleh dengan cara pemblenderan. Tentunya membutuhkan beberapa kali proses pemblenderan agar halus dan tidak mampat dalam lubang jarum suntik. Setelah itu barulah telur asin aneka rasa ini direbus. Paling tidak membutuhkan waktu sekitar 45 sampai 60 menit hingga telur matang. Setelah itu, telur asin inovatif ini siap disantap.

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY