Wuih! 5 Jajanan Tradisional Ini Asyik Buat Camilan

0
29

Laper lagi? Mau ngopi cantik sore, tapi nggak ada camilan? Yuk, cekidot beberapa jajanan tradisional ini.

 

Onde-Onde

Konon kue jajanan tradisional ini sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit dulu. Mojokerto pun terkenal sebagai kota onde-onde, karena kue ini memang sangat suka dilahap penduduknya.

Bahan materialnya adalah tepung terigu dan tepung ketan yang digoreng dan bisa juga direbus. Lalu ada taburan wijen. Tapi lama-kelamaan ada macam variasi. Jadi, yang paling dikenal adalah onde-onde dengan tepung ketan plus pasta kacang hijau di dalamnya.

 

Baca juga Slrrp! Ini Cara Simpel Meracik Kue Panada Sebagai Camilan Pernikahan

 

Lupis

Jajanan tradisional satu ini memang kerap jadi camilan di pagi hari. Malah ada beberapa orang yang melahapnya sebagai sarapan saja! Toh ada juga yang melahapnya sebagai pasangan minum teh pas sore hari.

Foto: limakaki

Jajanan satu ini paling banyak dikonsumsi di area Jawa. Lupis sendiri memang jajanan tradisional enak. Apalagi kalau bukan isinya yang sedap karena gula merah cair dan parutan kelapa, selain ketan dari daun pisang!

 

Kue Lapis

Tak ada sebutan darimana asal kue jajanan tradisional ini. Memang benar kue tradisional satu ini banyak bermunculan di daerah-daerah di Indonesia. Tapi kue ini sering sekali muncul di tatanan kue-kue tradisional asal Sulawesi Utara, seperti panada dan cucur.

Oh ya, warna memang jadi daya tarik tampilan kue tradisional ini. Pewarna buatan dan pewarna alami memang jadi salah satu komponen bahannya.

Untuk kue lapis warna hijau, biasanya menggunakan daun pandan. Sedangkan kue lapis warna merah, pewarnanya dari sirup bunga mawar.

 

Getuk

Kue tradisional ini masih lumayan mudah dijumpai sebagai jajanan pasar. Maklum kue ini sering dijajakan di pasar tradisional. Sedangkan di komplek-komplek perumahan sudah sangat jarang ditemui.

Kenikmatan getuk di depan mata. Slrrppp!
(Foto: ResepKoki.id)

Aslinya kue tradisional ini mudah ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahan utamanya sendiri adalah singkong atau ketela pohon. Jadi jika bosan lahap singkong, getuk bisa jadi variasi makan singkong, nih!

 

Baca Fakta Menarik Tentang Rendang Makanan Terenak Sedunia

 

Kue Putu

Nah, kalau jajanan tradisional satu ini memang sudah sangat jarang ditemui. Kalaupun ada, biasanya dijajakan penjualnya pada malam hari.

Foto: ngalam.co

Tentu saja keunikan kue ini ada pada pembuatannya. Tepung beras pandan kasar dicetak dalam cetakan lonjong dan diisi gula jawa. Lalu ‘dimasak’ dengan uap dari alat suit. Unik, kan?

Sudah tahu mau ngemil yang mana?

 

 

OJ / berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here