Gula Merah dalam Kenikmatan Berbagai Jajanan Pasar Nusantara

0
113
Jajanan Pasar - Foto: Dok. Mahligai

Gula merah atau yang biasa disebut gula jawa atau gula aren, menjadi salah satu bahan campuran makanan yang kerap digunakan pada berbagai jenis kudapan nusantara. Rasanya yang manis-manis legit memberikan sensasi tersendiri.

Apakah Anda tahu perbedaan gula merah dengan gula putih? Ternyata keduanya sangatlag berbeda. Jika gula putih terbuat dari tanaman tebu, gula jawa dihasilkan dari tanaman nira. Untuk membuatnya, tanaman nira ini sengaja dibiuat tidak berkembang agar sari makanan dari pohon nira dapat menumpuk menjadi cairan gula. Kemudian cairan gula tersebut ditampung dalam wadah yang membentuk mangkuk-mangkuk dari daun palma, lalu dipanaskan sampai kental dan siap dijadikan bahan olahan makanan.

Fakta lainnya, gula jawa ternyata mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya garam mineral, thiamine, riboflavin, nicotinic acid, ascorbic acid, protein dan vitamin C. Selain itu, gula jawa juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk, typhus, hingga anemia.

Nah, kali ini akan dibahas jajanan pasar tradisional yang menggunakan gula jawa sebagai bahan olahannya. Mungkin ada beberapa diantaranya yang pernah Anda cicipi atau justru menjadi favorit Anda dan keluarga.

Kue Mangkok

Mungkin Anda pernah melihat kue mangkok dalam berbagai warna, salah satunya adalah warna cokelat. Warna cokelat ini sendiri berasal dari gula merah yang bila diicip memiliki kolaborasi antara rasa legit, gurih dan manis. Agar lebih guri, kue mangkok ini biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa yang telah dikukus bersama daun pandan dan sedikit garam.

Cucur

Cucur atau yang disebut Tutulu merupakan kudapan khas Gorontalo yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras. Meskipun rasanya hanya manis dan berminyak tetapi kue cucur ini tetap disukai. Serat-serat yang terbentuk pada kue serta bagian pinggir yang kering renyah dan sedikit gosong memberi keunikan tersendiri pada kue ini.

Putu Mayang

Siapa yang tidak tertarik melihat kue warna-warni yang terbuat dari tepung beras ini? Kue yang bentuknya menyerupai mie ini memiliki rasa yang unik. Untuk memakannya, putu mayang biasanya dicocol dengan kuah manis yang terbuat dari campuran gula jawa, gula pasir, santan dan daun pandan.

Klepon

Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda dijamin mampu membuat Anda tergoda untuk segera menyantapnya. Teksturnya yang kenyal dan lembut membuat orang ingin terus menggigitnya lagi dan lagi. Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat, bersensasi, bahkan bikin ketagihan. Rahasia kelezatan klepon ada pada isinya yang terbuat dari gula merah yang dicairkan lebih dulu.

Lopis

Lopis atau lupis memiliki bentuk menyerupai lontong namun dengan rasa yang jauh berbeda. Rasa manis yang berasal dari cairan kental gula merah begitu mendominasi apalagi ditambah taburan parutan kepala di atasnya, sungguh terasa nikmat di lidah. Jajanan ini biasanya menjadi santapan sarapan pagi atau teman minum teh di sore hari.

Gemblong

Gemblong merupakan penganan yang terbuat dari adonan singkong dan disajikan dengan lumuran saus gula jawa. Namun, konon katanya rahasia kelezatan gemblong bukanlah terletak pada bahan pembuatnya, tetapi pada orang yang meraciknya sehingga membuat rasanya menjadi istimewa untuk disantap.

Dadar Gulung

Ini dia satu lagi jajanan pasar yang mampu menggoyang lidah dan sangat pas dinikmati pada saat santai bersama teman atau keluarga. Dadar gulung, berbahan dasar tepung terigu, biasanya berwarna hijau, dengan isinya yang bermacam-macam. Ada yang isinya jagung ataupun durian. Tapi yang cukup dikenal adalah isi kelapa yang dicampurkan gula jawa. Rasanya lembut dan manis.

Surabi

Surabi merupakan kudapan khas Solo dan Bandung yang berlakangan telah banyak ditemui di Jakarta dan kota-kota lainnya. Kue serupa pancake dengan gradasi cokelat dan hijau ini terbuat dari tepung beras yang diberi kuah berupa cairan gula merah sebagai pelengkap.

Baca Juga:Ragam Menu Nasi Nusantara

Teks. Tim Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY