Jika Ke Solo, Nikmati Kuliner Sate Kambing Hj. bejo

0
99
foto :ulinulin.com

Jika sedang berada di Solo, tidak lengkap rasanya kalau tidak menjejal kuliner yang cukup terkenal di kota Solo. Meski cukup banyak aneka kuliner yang masuk dalam daftar list saya, tapi saya memutuskan untuk mencicipi Sate Kambing Hj.Bejo. Konon katanya, untuk bisa menikmati sate kambing disini, Anda harus rela ngantri. Hmm, membuat saya semakin penasaran. Bahkan, ketika keliling kota Solo, si mas -mas Becak juga menyuarakan hal yang sama,” Sudah ke warung sate kambing Bu Hj. Bejo?”

Saya pun langsung menyuruh si mas Becak menghantarkan saya ke warung tersebut. Becak yang saya tumpangi langsung melaju ke TKP yang berada di jalan Sungai Sebakung no. 10, kedung Lembu, Pasar Kliwon, Solo.

foto:d.sukmana hadi

Tidak butuh waktu lama untuk tiba di warung tersebut. Hanya sekitar 10 menit saya sudah berada di jalan Sungai Sebakung. Hanya saja, nyali sempat kendor melihat antrian yang begitu panjang. Ternyata benar apa kata orang, kalau mau makan sate disini harus sabar menunggu antrian. Saya pun mematuhi rambu-rambu atri tersebut.

“Kalau jam makan siang memang selalu penuh. Kalau mau bersabar ya nunggu saja, Mas,” Saran si mas becak. Hampir 30 menit menunggu antrian, saya pun mendapat bangku kosong. Saat masuk, saya sudah disambut oleh sepasang suami istri yang sejak tadi duduk di depan warung. Si perempuan mengenakan busana kebaya lengkap dengan kondenya. Ternyata mereka memang pengamen tetap di warung tersebut.

foto: anekawisayta.com

Saya langsung memesan sate kambing satu porsi dan sate buntel (terbuat dari daging ayam dan juga kambing yang dicincang lalu buntel-buntelin pada sepincuk lidi) Selain sate kambing, Sate buntel juga menjadi favorit disini. Karena selain rasanya yang enak juga dagingnya yang empuk dan renyah.

Ketika ditanya resep kenapa sate buntelnya enak? Dengan bahasa jawa yang kental, si pemilki warung menjelaskan kalau daging kambing yang dikasi bumbu rahasia, lada dan kecap lalu dibuntel ditusukan dan dibungkus dengan lemak, setelah itu langsung dibakar. Ketika dibakar itulah terjadi proses dimana si lemak melumer kemudian meresap kedalam sate. Sehingga hasilnya membuat Anda bisa nagih dan nagih lagi.

Untuk satu porsi Sate buntel dibandrol dengan harga sekitar Rp. 35.000.

Selain terkenal, Sate Kambung Hj. Bejo juga menjadi  makanan favorit keluarga Presiden Jokowi. Bahkan, setiap kali pulang ke Solo, Bapak Jokowi dan keluarga selalu menyempatkan mencicipi kuliner hits ini.

Tentu Anda juga penasaran bukan?

Very Barus

LEAVE A REPLY